Double Degree

Double Degree atau Gelar Ganda merupakan sebuah program pendidikan tinggi yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan dua gelar akademik sekaligus atau gelar sarjana ganda dalam satu masa belajar.

Siapa nih sobat Kak Ambis yang mau dapat Double Degree juga?

Jadi, lebih jelasnya bahwa dua gelar itu diperoleh dari kampus di dalam dan luar negeri yang memiliki kerja sama. Ada beberapa istilah lain yang memiliki arti yang sama seperti Dual Degree atau Twinning Degree.

Apa Syarat Bisa Ikut Double Degree?

Biasanya syaratnya adalah kampus sudah melakukan kerjsama dengan kampus lain. Persyaratan Kerja Sama Perguruan Tinggi Program studi double degree bisa dilaksanakan melalui kerja sama yang dijalin oleh perguruan tinggi.

Kerja sama antara perguruan tinggi itu bisa terjadi dengan memenuji syarat berikut, biasanya.

  • Program studi di perguruan tinggi itu memiliki izin dan sudah terakreditasi minimal B (Akreditasi sangat baik) atau diakui oleh organisasi yang berwenang.
  • Program studi perguruan tinggi luar negeri sebagai rekan kerja sama harus memiliki peringkat terakreditasi baik di negaranya.
  • Memiliki desain kurikulum gabungan yang berasal dari kurikulum biasa masing-masing perguruan tinggi, dengan ketentuan perguruan tinggi di dalam negeri menyelenggarakan paling tidak 50% dari total beban studi yang ditetapkan.
  • Memiliki dosen dan fasilitas yang memadai. Memiliki desain Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau diploma suplemen.
  • Biasanya ada keterangan 2+2 atau 2+1 Angka itu menjelaskan lama belajar yang harus diselesaikan dari dua universitas berbeda, seperti 2 tahun di kampus asal, dan 2 tahun di kampus mitra. Kombinasi itu akan disesuaikan dengan bentuk kerja sama yang ada di tiap-tiap perguruan tinggi.

Apa Tujuan Adanya Kuliah Double Degree?

Jadi, dengan adanya program double degree akan bisa mempercepat upaya penyamaan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, yang mana program itu memungkinkan mahasiswa Indonesia bisa memiliki standar internasional dan menumbuhkan rasa percaya diri untuk bersaing di tingkat dunia.

Keuntungan

Beberapa keuntungan dari program double degree antara lain sebagai berikut.

  1. Memiliki dua gelar akademik
  2. Merasakan sistem pendidikan di luar negeri
  3. Memiliki peluang untuk menempuh karier di perusahaan multinasional
  4. Memperluas dan memperkuat jaringan
  5. dan lain masih banyak lagi.

Itulah penjelasan tentang kelas atau kuliah double deegree ya. emoga bermanfaat dan dapatkan penjelasan tentang dunia perkuliahan hanya di Kampus Pedia.

SOAL LPDP
Istilah Terkait