18 Alur Skripsi Sampai Wisuda [Lengkap]

Alur skripsi itu sangat panjang sekali bahkan setelah dirangkum, setidaknya mahasiswa harus melewati 18 alur skripsi sampai wisuda.
alur skripsi sampai wisuda
Daftar isi artikel

Menempuh pendidikan tinggi dan meraih gelar sarjana merupakan perjalanan penting dalam kehidupan akademik seseorang. Salah satu tahapan krusial dan paling terkesan nantinya dalam mencapai gelar sarjana adalah menyelesaikan skripsi. Banyak sekali alur skripsi sampai wisuda yang harus dilewati.

Proses ini mulai dari pemilihan judul hingga akhirnya meraih gelar sarjana tidaklah mudah dan memerlukan dedikasi serta usaha yang maksimal. Berikut adalah alur langkah-langkah dalam menyelesaikan skripsi hingga wisuda dan dinyatakan lulus sebagai mahasiswa yang sejadi.

Urutan Alur Skripsi Hingga Wisuda

Pada kesempatan kali ini, Kak Ambis bakalan jelasin singkat masing-masing alur penting ini supaya punya bayangan yang jelas ya.

Sebelum lanjut, pahami juga bahwa tanpa skripsi mahasiswa juga bisa wisuda dan lulus. Cek disini “Begini cara lulus tanpa skripsi“.

1. Mengambil Mata Kuliah Metode Penelitian

Langkah pertama adalah mengambil mata kuliah Metode Penelitian di semester sebelum Kalian mengambil skripsi. Mata kuliah ini akan memperkenalkan Kalian pada dasar-dasar penelitian, seperti jenis penelitian, kajian teori, sampling, pengumpulan data, analisis data, dan kesimpulan. Penguasaan metode penelitian menjadi lKaliansan kuat dalam menyusun skripsi yang berkualitas.

2. Menentukan Judul dan Topik Skripsi

Setelah mengambil mata kuliah Metode Penelitian, langkah selanjutnya adalah menentukan judul dan topik skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan Kalian. Pilihlah topik yang menarik dan relevan, serta fokuskan penelitian Kalian ke satu teori saja agar hasilnya lebih mendalam dan terarah.

3. Mengajukan Judul Skripsi dan Proposal

Setelah menentukan judul skripsi, langkah berikutnya adalah mengajukan judul skripsi ke fakultas atau jurusan Kalian dan mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing. Setelah mendapat persetujuan, buatlah proposal skripsi yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, kerangka teori, metode penelitian, dan daftar pustaka. Proposal ini akan menjadi panduan dalam proses penelitian Kalian.

4. Membimbing Proposal Skripsi dengan Dosen Pembimbing

Setelah proposal skripsi disusun, bimbingan dengan dosen pembimbing dimulai. Selama proses ini, Kalian akan mendapatkan masukan dan saran dari dosen pembimbing untuk menyempurnakan proposal skripsi. Pastikan untuk selalu berkomunikasi secara rutin dan mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing.

SOAL LPDP

Ada insight penting buat bimbingan nih, silakan disimpan.

5. Memeriksa Tingkat Kemiripan Proposal Skripsi

Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, periksa tingkat kemiripan proposal skripsi dengan menggunakan aplikasi Turnitin atau alat serupa. Pastikan tingkat kemiripannya berada di bawah batas yang ditentukan oleh fakultas atau jurusan Kalian untuk menghindari plagiarisme.

6. Mendaftar Seminar Proposal (Sempro)

Setelah proposal skripsi telah disetujui dan tingkat kemiripannya dinyatakan aman, mendaftarlah untuk mengikuti seminar proposal (sempro). Pastikan Kalian melengkapi berbagai persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh fakultas atau jurusan.

7. Melakukan Seminar Proposal

Pada tahap ini, Kalian akan melakukan seminar proposal di depan dosen penguji. Tujuan dari sempro adalah untuk memperoleh masukan serta saran dari dosen penguji yang akan membantu Kalian memperbaiki proposal skripsi sebelum melanjutkan ke tahap penelitian sebenarnya.

Baca juga: Begini 5 Cara Menghadapi Sempro

8. Merevisi Proposal Skripsi

Setelah mengikuti sempro dan mendapatkan masukan dari dosen penguji, lakukan revisi proposal skripsi sesuai dengan saran yang diberikan. Pastikan proposal skripsi telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh dosen penguji dan pembimbing.

9. Mengumpulkan Data Penelitian

Setelah proposal disetujui, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data yang relevan dengan topik penelitian Kalian. Kalian bisa menggunakan berbagai teknik pengumpulan data, seperti observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, atau eksperimen, tergantung pada jenis penelitian yang Kalian lakukan.

10. Menganalisis Data Penelitian

Setelah mengumpulkan data, selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan menggunakan metode analisis yang sesuai dengan jenis penelitian Kalian. Kalian bisa menggunakan analisis kualitatif atau kuantitatif, tergantung pada tujuan penelitian Kalian.

11. Menyusun Bab-Bab Skripsi

Setelah data dianalisis, susunlah bab-bab skripsi yang terdiri dari pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, serta daftar pustaka. Pastikan setiap bab disusun dengan runtut dan sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

Baca artikel terkait: Margin Skripsi dan Panduan Mengatur di Ms Word yang Benar

12. Memeriksa Tingkat Kemiripan Bab-Bab Skripsi

Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, pastikan tingkat kemiripan bab-bab skripsi dengan menggunakan aplikasi Turnitin atau alat serupa berada di bawah batas yang ditentukan oleh fakultas atau jurusan Kalian.

13. Mendaftar Sidang Skripsi

Setelah seluruh bab skripsi telah selesai, mendaftarlah untuk mengikuti sidang skripsi. Pastikan Kalian melengkapi semua persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh fakultas atau jurusan.

14. Melakukan Sidang Skripsi

Pada tahap ini, Kalian akan melakukan sidang skripsi di depan dosen penguji. Dalam sidang ini, Kalian akan mempresentasikan hasil penelitian Kalian dan menjawab pertanyaan dari dosen penguji. Setelah sidang, Kalian akan mendapatkan nilai serta saran untuk memperbaiki skripsi jika diperlukan.

15. Merevisi Skripsi

Setelah sidang, lakukan revisi skripsi sesuai dengan saran dari dosen penguji dan pembimbing. Pastikan skripsi telah memenuhi stKalianr akademik yang ditetapkan oleh fakultas atau jurusan.

16. Menyerahkan Skripsi Final dan Draft Jurnal

Setelah revisi selesai, serahkan skripsi final ke fakultas atau jurusan Kalian dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Pastikan skripsi final Kalian sudah sesuai dengan format dan pedoman penulisan yang ditentukan. Selain itu, serahkan juga draft jurnal yang merupakan ringkasan dari skripsi Kalian dalam format jurnal ilmiah.

17. Mendaftar Wisuda

Setelah skripsi dinyatakan lengkap dan semua kewajiban akademik dan non-akademik telah terpenuhi, mendaftarlah untuk mengikuti wisuda. Pastikan Kalian telah melengkapi semua persyaratan administrasi yang ditetapkan oleh universitas.

18. Mengikuti Wisuda

Setelah Sidang Skripsi Kapan Wisuda
Setelah Sidang Skripsi Kapan Wisuda

Saatnya untuk mengikuti wisuda dengan mengenakan toga dan atribut lainnya. Selamat, Kalian telah berhasil menyelesaikan skripsi dan meraih gelar sarjana! Ini adalah pencapaian luar biasa yang menjadi awal dari perjalanan profesional Kalian.

Proses dari pemilihan judul skripsi hingga akhirnya meraih gelar sarjana memanglah tidak mudah. Ia mengharuskan Kalian untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik serta berkomitmen dalam melakukan penelitian yang berkualitas.

Selama perjalanan ini, jangan ragu untuk selalu berdiskusi dan meminta bantuan dari dosen pembimbing dan penguji. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang jelas tentang alur skripsi sampai wisuda dan menginspirasi Kalian dalam mengejar gelar sarjana. Selamat menempuh perjalanan akademik Kalian!

Bagikan Artikel Ini!

Artikel Terkait