LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Bimbingan Skripsi, Apa yang Ditanyakan? Cek Disini!

bimbingan skripsi

Banyak yang takut jika diajak bimbingan skripsi oleh dosen pembimbing. Emang, apa saja yang ditanyakan saat bimbingan skripsi? Jangan salah ya mengartikan bimbingan skripsi sebagai hal yang menakutkan bahkan harus dihindari kalau bisa karena saking takutnya. Salah besar!

Terus apa itu bimbingan? Ngapain aja dan apa yang harus ditanyakan? Simak nih singat dan jelas aja.

Apa itu Bimbingan Skripsi?

Bimbingan skripsi merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh dosen kepada mahasiswa terkait tiga hal, yaitu update progres, penyampaian kendala penelitian dan pengarahan dosen kepada bimbingannya.

Sesingkat dan sesimpel itu memang memahami bimbingan skripsi. Apabila bimbingan bukan untuk itu, mungkin ada yang salah dengan apa itu bimbingan di tempatmu.

Apa Yang Ditanyakan Saat Bimbingan Skripsi?

Ada banyak hal yang bisa muncul saat terjadinya bimbingan. Namun pada intinya terkait dengan kendala dan progres saja kok.

1. Apa Kendalamu Menyelesaikan Skripsi?

Pada pertanyaan ini, dosen ingin menggali apa saja kendala menyelesaikan skripsi. Bisa dari sisi pelaksanaa di lapangan maupun terkait penulisan laporan itu sendiri.

Sampaikan saja kendalamu, nanti dosen akan menggali dan memberikan rekomendasi solusi kepadamu untuk setiap kendala yang dialami.

SOAL LPDP

2. Bagaiman Progres Penelitianmu?

Jika masih tahapan menyusun proposal ya pasti yang ditanyain sudah sampai mana laporannya. Kalau sudah berjalan, nanti ditanyain terkait kendala dan yang sudah dilakukan sudah sesuai dengan timeline atau belum. Jika sudah tahapan menulis laporan, fokusnya ya malas tidaknya nulis hehe.

3. Referensi Yang Digunakan

Paling bermasalah, mahasiswa biasanya diposisi ini. Susah nyari referensi yang sesuai dan benar karena memang jarang sekali menulis ilmiah. Dosen biasanya sangat keras untuk masalah referensi. Biasakan deh untuk melakukan hal berikut.

  • Update berita
  • Baca minimal 2 jurnal per minggu terkait skripsimu
  • Baca buku yang ada di Internet

Tujuannya, biar ga kaget kalau ditanya dan disuruh untuk menambah referensi untuk memperkuat peneltiian.

Kayaknya sih 3 itu pertanyaan yang sering banget ditanyakan. Semoga bermanfaat dan rajinlah saja kuncinya. Kalau malas, dosen ya bakal males dan marah sih.

Artikel Terkait Laporan Skripsi

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait