LOGO BARU DUNIAKAMPUS

7 Cara Menentukan Judul Skripsi yang Cerdas

Cara Menentukan Judul Skripsi

Skripsi menjadi tantangan terakhir dan momok yang menakutkan bagi kebanyakan siswa di semester 7 keatas. Apalagi, kalau misalnya disuruh untuk menentukan judul skripsi, pasti sudah puyeng tujuh keliling. Namun santai saja, sebab dengan membaca artikel singkat ini semoga judul skripsimu bisa segera dirumuskan dan pastinya PEDE ketika ditanyain oleh temen ataupun dosen pembimbingmu.

Baca juga: Cara Chat Dosen Pembimbing Skripsi Pertama kali

Langkah Pasti Menentukan Judul Skripsi dengan 7 Cara Ini

Ada beberapa cara dan langkah yang harus kamu lakukan supaya judul skripsimu ngga hanya menjiplak dari kating dan juga supaya dosenmu juga bangga telah mendapatkan mahasiswa yang tepat dan inisiatif untuk masalah ini.

1. Ketahui Minat Utamamu

Dalam setiap jurusan, pasti ada minat yang ditawarkan yang tujuannya adalah supaya mahasiswa bisa memilih sendiri minat apa yang dipelajari dan ada di jurusan tersebut. Misalnya, di jurusan teknik elektro ada minat listrik kecil dan listrik besar. Atau misalnya di ilmu komunikasi ada minat di periklanan, jurnalistik, dan lain sebagainya.

Nah, pahami dan ketahui minatmu ini. Perlu digarisbawahi bahwa minat ini bukan hanya suka tetapi juga harus didukung dengan mata kuliah yang telah diambil. Makanya, mulai semester 3 atau 4 biasanya sudah ada mata kuliah pilihan yang tujuannya untuk mengetahui minat ini.

2. Lihat Judul Skripsi Terdahulu Sesuai Minat

Sudah tau minatmu apa? Jika sudah, langsung saja ke perpustakaan untuk mencari beberapa judul skripsi yang telah dilakukan oleh kakak tingkatmu dahulu yang minatnya sama. Artinya apa? Tugasmu adalah riset, bukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi Dikit). Jadi, lebih ke riset apa saja yang telah diteliti.

Lihat Judul Skripsi Terdahulu Sesuai Minat
Ilustrasi tentang “Lihat Judul Skripsi Terdahulu Sesuai Minat” oleh duniakampus.com

Setelah itu, kumpulkan yang menarik menurutmu dan pastinya juga mudah dilakukan supaya mudah lulusnya juga. Kalau sudah, nanti baru mencari hal lebih apa yang bisa dikembangkan dari penelitian dan skripsi sebelumnya. Kekurangan apa yang bisa kamu jadikan alasan untuk penelitianmu selanjutnya.

SOAL LPDP

Lebih bagus lagi sebenarnya, jika riset jurnal jadi update terbaru perkembangan penelitian yang ada bukan hanya berdasarkan skripsi sebelumnya.

3. Kembangkan Judul Penelitian Lama

Singkatnya, mengembangkan judul ini lebih ke mencari kebaruan dari penelitian yang lama dan sudah ada kemudian bisa dilanjutkan untuk penelitian yang lebih luas lagi atau lebih mendukung lagi penelitian lama. Bukan plagiasi judul ya. Cara ini merupakan cara menentukan judul skripsi yang sangat paling mudah sih.

4. Cari Masalah di Situs Berita

Cari Masalah di Situs Berita
Ilustrasi tentang “Cari Masalah di Situs Berita” oleh duniakampus.com

Mungkin ini sangat dianggap sepele oleh kebanyakan mahasiswa. Kenyataanya, hal inilah yang kadang membuat penelitianmu lebih up to date terhadap waktu. Tidak lagi terjebak pada judul-judul penelitian kating yang turun temurun yang hampir sama cuma beda lokasi atau objek saja.

Jadi, carilah masalah di media ini dan diangkat menjadi judul skripsi, asalkan data pendukung juga ada supaya latar belakangmu nanti juga kuat.

5. Diskusi Dengan Dosen Wali

Punya dosen wali? atau ada juga yang menyebutnya sebagai dosen pembimbing akademik (DPA). Nah, tugas beliau ini sebenarnya mengarahkan anak didiknya supaya tidak bingung mulai dari awal masuk kuliah sampai lulus.

Diskusi Dengan Dosen Wali
Ilustrasi tentang “Diskusi Dengan Dosen Wali” oleh duniakampus.com

Jika memang sudah mentok bingung, diskusilah dengan DPA, siapa tau bisa dikasih judul, masalah atau bahkan dikenalkan dengan dosen yang sesuai minatmu.

6. Ikut Projek Dosen

Cara menentukan judul skripsi yang keenam, ikut proyek dosen. Proyek dosen di sini adalah penelitian. Artinya, dosen biasanya memiliki tanggung jawab setiap tahunnya untuk penelitan. Nah, apabila kita bisa ikut proyek dosen, maka biaya untuk penelitian biasanya dibantu oleh dosen tersebut. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan sebagian kecil penelitian dosen untuk penelitian kita dalam rangka skripsi.

Nah, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kalah prioritas skripsi dengan prioritas bantu dosen dalam hal penelitian ya. Supaya sama-sama enak dan bisa lulus tepat waktu juga.

7. Amati Sekitar

Penelitian terbaik adalah menyelesaikan masalah yang langsung kita amati dan juga rasakan. Namun, memang jarang yang berani mengambil judul yang berasal dari masalah sekitar sebab belum banyak juga contoh penelitian sebelumnya.

Walaupun begitu, kalau mau memulai hal baru biasanya malah lebih didukung oleh Dosen sebab nantinya ada hal baru yang diteliti serta bahkan bisa juga diajukan ke seminar internasional karena saking barunya dan menarik. Lumayan kan?

Itulah penjasalan yang bisa Saya bagikan untuk kalian yang sedang masuk di mata kuliah metopen atau mau seminar proposal. Intinya semangat dan persiapan skripsi yang baik akan menghasilkan proses yang mudah juga.

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai persiapan skripsi dan menyusun laporan skripsi, bisa langsung cek di Topik Penelitian dan Skripsi Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait