LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Kerangka Konseptual Skripsi & Contoh Terbaru

Kerangka Konseptual Skripsi

Kerangka konseptual skripsi merupakan bagian paling pokok bagi peneliti untuk menjalankan penelitiannya dengan benar dan sistematis. Kerangka konseptual inilah yang akan membantu peneliti ataupun pembaca skripsi untuk memahami alur berpikir yang ingin peneliti sampaikan sehingga akan mudah dipahami dan bisa secara urut memahami isi dalamnya.

Apa itu Kerangka Konseptual Penelitian?

Menurut Setiadi (2013), Kerangka konseptual penelitian adalah sebuah hubungan antara konsep satu dengan konsep yang lainnya dari masalah yang disusun oleh peneliti dan yang ingin diteliti. Tujuannya, untuk mendapatkan dan menghubungkan bebeberapa konsep yang dipakai dalam landasan penelitian.

Apalagi mahasiswa biasanya sangat bingung ketika ditanya mulai darimana skripsimu dan mulai darimana pembahasan dalam skripsimu. Ini sangat membantu banget sih.

Mengapa kerangka konseptual perlu?

Hal ini bermanfaat untuk memberikan arah yang dapat memberi petunjuk bagi penyusun sebuah penelitian yang relevan, berlandaskan teori yang jelas serta bisa menyelesaikan permasalahan yang diangkat dalam penelitian.

Contoh Kerangka Konseptual

Berikut ini gambar contoh mengenai kerangka konseptual yang bisa digunakan oleh mahasiswa dalam menyusun skripsi. Contoh ini bersumber dari skripsi yang berjudul “ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH” karya dari Muhammad Rizki Ariyanto.

contoh kerangka konseptual skripsi
Ilustrasi contoh kerangka konseptual penelitian. Foto diambil dari https://eprints.umm.ac.id/39444/

Itulah penjelasan penting mengapa sebaiknya seorang mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi juga membuat kerangka konseptual supaya dalam penelitiannya mudah dijalani secara sistematis. Baca juga artikel terkait skripsi lainnya sebagai berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait