LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Cara Mengajukan Judul Skripsi Lewat WA dan Contoh

Mengajukan Judul Skripsi Lewat WA

Kadang udah kepikiran ide judul skripsi dan banyak eh mau bilang ke dosen jadi susah. Emang bisa ya mengajukan judul skripsi hanya lewat WA begitu? Biar bisa segera selesai aja skripsku. Ternyata bisa asalkan kamu juga tau sopan santu serta menggunakan beberapa alasan berikut ini. Jadi, baca sampai selesai panduan yang Kak Ambis tulis dalam artikel ini ya.

Sebelum lanjut, kita ngobrolin dahulu deh tentang judul skripsi itu sendiri

Judul skripsi itu hasil diskusi sama dosen atau nyari sendiri?

Jadi, memilih judul penelitian itu lebih baik jika kamu ngobrol sama dosenmu, tapi jangan hanya bergantung pada dosenmu aja. Coba juga cari info sendiri soal topik yang kamu suka. Diskusi sama dosen itu bagus buat panduan, tapi kamu juga perlu cari tahu lebih banyak soal topik yang bikin kamu tertarik.

Jadi, bisa dibilang, lakukan kombinasi keduanya dan yang terpenting, pilih topik yang kamu suka, biar penelitianmu jadi lebih menyenangkan. Dosen akan membimbingmu sesuai dengan kapasitasmu kok. Kalau terlalu sulit, dosen juga akan membatasinya biar kamu juga segera lulus pastinya.

Berapa judul yang sebaiknya harus disiapkan?

Jumlah judul penelitian yang sebaiknya kamu siapkan bisa bervariasi tergantung pada prosedur di universitasmu dan panduan dari dosenmu. Biasanya, disarankan untuk menyiapkan beberapa judul alternatif, mungkin sekitar 2-4 judul.

Variasi judul ini jangan yang terlalu sama dan hanya beda metode saja ya. Tapi pastikan variasinya itu memang beda tetapi masih dalam koridor tema yang sama. Oh iya, jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap judul yang kamu siapkan memenuhi kriteria penelitian yang baik dan relevan dengan minatmu.

Cara Mengajukan Judul Skripsi Melalui WA

Beberapa dosen lebih suka berkomunikasi melalui email, platform pembelajaran universitas, atau bahkan pertemuan langsung. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kok, coba dengan mengikuti cara berikut.

SOAL LPDP

1. Persiapan Awal

Pastikan kamu sudah berdiskusi dengan dosenmu sebelumnya tentang topik yang kamu minati. Pastikan dosenmu bersedia menerima pengajuan judul melalui WhatsApp atau cara komunikasi tersebut.

2. Pesan Singkat dan Jelas

Tulis pesan singkat yang mencakup ide judul dan latar belakang singkat mengenai topik penelitianmu. Buatlah pesanmu sejelas mungkin agar dosenmu dapat memahaminya dengan cepat.

3. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Baik

Meskipun kamu menggunakan WhatsApp, tetap gunakan bahasa yang profesional dan sopan.Hindari penggunaan singkatan atau bahasa non-formal yang tidak pantas.

4. Lampirkan Rincian Tambahan

Lampirkan proposal penelitian singkat atau abstrak jika kamu sudah memilikinya. Ini akan memberikan gambaran lebih lengkap tentang ide penelitianmu. Sertakan juga beberapa referensi pendukung jika kamu telah menemukannya.

5. Minta Respons atau Jadwal Pertemuan

Tanyakan apakah dosenmu bisa membaca pesanmu dan memberikan pandangannya melalui WhatsApp. Jika dosenmu merasa perlu diskusi lebih lanjut, minta jadwal pertemuan atau sarannya untuk tahap berikutnya.

Contoh Pesan Pengajuan Judul Skripsi

“Selamat pagi, Pak/Bu [Nama Dosen]. Saya tertarik untuk meneliti tentang [Judul Penelitian]. Latar belakangnya adalah [jelaskan latar belakang secara singkat]. Saya telah menyiapkan proposal singkat yang bisa saya bagikan jika Anda tertarik. Apakah Anda bisa memberikan masukan atau jadwal pertemuan untuk berbicara lebih lanjut mengenai ide ini? Terima kasih.”

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait