LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Penelitian Terdahulu: Cara Mencari dan Contoh Tabel

penelitian terdahulu

Kalian yang datang sampai ke artikel ini, pasti bingung kan membuat penelitian terdahulu bahkan mungkin mencari lebih spesifik terkait contoh tabel penelitian terdahulu.

Nah, beruntung sekali bisa sampai ke artikel ini. Sebab, kali ini Kak Ambis akan menjelaskan mengenai penelitian terdahulu dalam skripsi.

Pengertian

Jadi, penelitian terdahulu dalam skripsi adalah studi atau penelitian yang telah dilakukan sebelumnya oleh peneliti lain di bidang yang sama atau terkait dengan topik yang sedang kalian teliti dalam skripsi kalian.

Tujuannya adalah untuk memperluas pemahaman kalian tentang topik penelitian, mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan yang masih ada, serta menunjukkan relevansi penelitian yang kalian lakukan.

Tujuan Membuat Daftar Penelitian Terdahulu

Biasanya, penelitian terdahulu disajikan dalam bentuk tinjauan pustaka atau bagian terpisah yang merangkum temuan-temuan penelitian sebelumnya secara sistematis.

Ada beberapa alasan mengapa penelitian terdahulu penting dalam skripsi kalian, salah satunya yang paling utama adalah supaya hasil penelitianmu tidak ngawur dan hanya asumsi doang. Ada landasan dari penelitian yang sudah ada. Apakah mau mencari celah kekurangan, melawan atau mendukung penelitian yang sudah ada.

Nah, alasan lain dengan membuat daftar tabel penelitian terdahulu adalah sebagai berikut.

SOAL LPDP

1. Memberikan Konteks

Penelitian terdahulu membantu kalian memahami konteks teoretis dan konseptual untuk penelitian yang kalian lakukan. Hal ini penting agar kalian dapat menjelaskan latar belakang, masalah penelitian, dan relevansi topik dengan baik kepada pembaca kalian.

2. Mengidentifikasi Kesenjangan Pengetahuan

Dengan meninjau penelitian terdahulu, kalian dapat mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan yang masih ada dalam bidang tersebut. Ini akan membantu kalian menunjukkan alasan mengapa penelitian baru diperlukan dan bagaimana penelitian kalian dapat memberikan kontribusi yang berarti.

3. Memilih Metode Penelitian yang Sesuai

Dengan mempelajari penelitian terdahulu, kalian dapat mempelajari metode-metode yang telah digunakan sebelumnya. Ini akan membantu kalian memilih metode penelitian yang tepat dan merancang desain penelitian yang sesuai dengan topik kalian.

4. Mendukung Teori yang Sudah Dulu Ada

Penelitian terdahulu dapat memberikan dasar teoretis untuk hipotesis atau kerangka konseptual yang kalian gunakan dalam penelitian. Temuan dari penelitian sebelumnya juga dapat mendukung atau menantang argumen yang kalian buat dalam skripsi kalian.

5. Menghindari Duplikasi Bahkan Plagiasi

Dengan mempelajari penelitian terdahulu, kalian dapat memastikan bahwa penelitian kalian tidak mengulangi penelitian yang sudah ada sebelumnya. Hal ini penting agar penelitian kalian tetap orisinal dan memberikan kontribusi yang baru.

Untuk menyusun penelitian terdahulu, penting bagi kalian untuk menggunakan sumber-sumber yang relevan, terpercaya, dan terbaru. Kalian harus melakukan pencarian literatur, membaca dan memahami penelitian sebelumnya dengan kritis, serta menulis tinjauan pustaka yang jelas dan terstruktur.

Cara mencari penelitian terdahulu

Masalahnya adalah bagaimana cara mencarinya. Mencari sebuah penelitian itu tidaklah mudah apalagi kalau mencarinya di jurnal-jurnal internasional, pasti akan berbayar mahal. Ada sedikit tips singkat untuk mencarinya.

1. Tentukan mencari penelitian tentang apa

Buat daftar dahulu apa saja yang ingin dicari terkait penelitian ini. Biasanya yang bisa kamu cari adalah terkait dengan masalah yang sudah ada dan sudah dititi atau bisa juga terkait dengan metode penelitian yang digunakan apakah sudah optimal atau belum.

2. Cari tempat mencari

Kedua, silakan cari dahulu judul-judul yang terkait di pencarian Google terus tambah kata “PDF”. Biasanya nanti beberapa jurnal akan ditampilkan dan bisa kamu unduh. Kalau ada skripsi, abaikan dahulu sumber dari skripsi ini.

Jika sudah habis, lanjut mencarinya di Google Scholar. Banyak banget yang gratis di sana dan memang ditujukan supaya penelitian bisa berkembang.

Apabila kamu sudah kebingungan lagi, coba cari di perpustakaan atau malah kalau kampusmu langganan jurnal premium, manfaatkan itu.

Apabila sudah menemukan, baru deh kalian coba susun menjadi beberapa tabel yang relevan yang akan dibahas selanjutnya.

Contoh Tabel Penelitian Terdahulu

Disclaimer, ini hanya contoh aja. Untuk isi, hanya rekaan supaya mudah dipahami saja. Untuk penelian kalian, silakan cari yang memang bener-bener ada sumber jurnalnya ya.

Contoh 1

PenelitiJudul PenelitianMetode PenelitianTemuan Utama
Smith et al.The Impact of Social Media Advertising on ConsumerSurvei online dan analisisSocial media advertising memiliki pengaruh positif pada
Purchase Intentiondata kuantitatifniat pembelian konsumen.
JohnsonThe Effectiveness of Email Marketing inStudi kasus dan analisisEmail marketing efektif dalam meningkatkan kesadaran
Increasing Brand Awarenessdata kualitatif dan kuantitatifmerek dan keterlibatan konsumen.
Chen et al.Influencer Marketing on Instagram:Eksperimen dan wawancaraInfluencer marketing di Instagram dapat meningkatkan
Impact on Consumer Purchase Behaviordata kualitatif dan kuantitatifperilaku pembelian konsumen.
Lee et al.The Role of Online Reviews inAnalisis data dan survei onlineUlasan online memiliki pengaruh signifikan terhadap
Consumer Decision-Making Processdata kualitatif dan kuantitatifproses pengambilan keputusan konsumen.
WangThe Effect of Personalization in E-commerce WebsitesStudi eksperimen dan analisisPersonalisasi dalam situs e-commerce dapat meningkatkan
on User Engagement and Purchase Intentdata kualitatif dan kuantitatifketerlibatan pengguna dan niat pembelian.

Contoh 2

PenelitiJudul PenelitianMetode PenelitianTemuan Utama
Smith et al.The Impact of Coffee Bean Origin on Consumer PreferencesExperimental and Survey MethodsKonsumen lebih menyukai kopi dengan biji asal single-origin
and Satisfaction(Quantitative and Qualitative)daripada biji kopi campuran.
JohnsonThe Role of Atmosphere in Coffee Shop SatisfactionObservational Study and InterviewsAtmosfer kedai kopi berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen
(Qualitative)dan niat untuk kembali.
Chen et al.Perceived Quality and Price as Determinants ofSurvey and Statistical AnalysisPersepsi kualitas dan harga berperan penting dalam mempengaruhi
Customer Satisfaction in Coffee Retail(Quantitative)kepuasan konsumen pada ritel kopi.
Lee et al.Effects of Barista Interaction on Customer SatisfactionExperimental StudyInteraksi dengan barista berpengaruh signifikan terhadap
in Coffee Shops(Quantitative)kepuasan konsumen dan evaluasi positif terhadap kualitas kopi.
WangThe Influence of Packaging Design onMixed Methods (Survey andDesain kemasan memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi
Consumer Perception and SatisfactionFocus Group Discussion)konsumen dan kepuasan terhadap kualitas kopi.

Itu saja yang Kak Ambis bisa sampaikan ya buat kalian. Semoga tidak bingung lah ya menyusun penelitian terdahulu ini. Bagian ini sangat penting. Kalau kalian mampu dengan baik, Kak Ambis yakin kalian akan lancar waktu ujian skripsi nanti.

Artikel Terkait Skripsi Lainnya

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait