LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Perbedaan Paper dan Makalah: Ada 3 Utama

Perbedaan peper dan makalah

Dalam konteks akademik khususnya mahasiswa dan dosen, pemahaman tentang perbedaan antara paper dan makalah sangatlah penting. Oleh karena itu, kali ini akan dibahas secara komplit mengenai perbedaan paper dan makalah.

Baca perbedaan keduanya di bawah ini supaya bisa memahami keduanya lebih mendalam.

Daftar Isi

1. Tujuan Penulisan

Makalah dirancang sebagai media untuk penyajian hasil penelitian yang komprehensif serta didukung oleh teori relevan. Proses ini melibatkan pengkajian literatur dan penelitian empiris. Data yang diakumulasi melalui observasi langsung merupakan inti dari makalah yang akan dipublikasikan.

Sedangkan paper, tulisan berorientasi pada diskursus suatu subjek ilmiah tanpa keharusan untuk melakukan penelitian empiris. Isi paper berfokus pada penyampaian argumentasi penulis, yang diinformasikan oleh data yang valid namun tidak selalu meluas dalam kajian literatur, seringkali mencakup opini yang didukung oleh referensi terbatas.

2. Struktur Penulisan

Struktur penulisan pada makalah menggunakan kata baku. Selain itu, makalah lebih kuat terkait independen dari topik atau metodologi dan menandai kekonsistenan. Sistematika penulisan yang diatur secara ketat ini bertujuan mempermudah pembaca untuk memahami komposisi tanpa harus menggali setiap halaman.

Sebaliknya, paper menghadirkan fleksibilitas struktural yang lebih besar, mirip dengan esai, memungkinkan penulis untuk mengekspresikan gagasannya secara bebas tanpa harus mengikuti dan mengacu struktur baku. Namun, meskipun strukturnya bebas, isi paper tetap harus didukung oleh data yang autentik.

3. Dasar Penulisan

Paper seringkali bersandar pada jumlah referensi yang terbatas, mengutamakan opini atau argumentasi penulis yang disampaikan secara ringkas dan jelas, mencerminkan perspektif unik penulis.

SOAL LPDP

Di lain pihak, makalah berpijak pada hasil penelitian sebagai fondasi utamanya. Penulisan makalah tidak dapat dipisahkan dari penelitian, menuntut penggunaan data yang dapat dipertanggungjawabkan dan referensi yang lebih kompleks dalam penyusunannya.

Meskipun terdapat perebedaan paper dan makalah itu dalam basis dan struktur penulisan, keduanya mengharuskan penulis untuk memegang tanggung jawab atas konten yang disajikan.

Jadi, sudah paham ya cara membedakan keduanya dan hanya ada 3 hal tersebut saja yang membedakan antara peper dan makalah. Semoga artikel Kak Ambis bermanfaat, kalau bingung langsung komentar saja ya.

Baca juga: Struktur Karya Ilmiah

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait