LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Pertanyaan Tentang Skripsi, Baca Sebelum Ujian!

pertanyaan Mengenai Skripsi

Pasti ada banyak hal yang kamu ingin tau sebelum ujian skripsi kan? Nah, berikut daftar FAQ pertanyaan sidang skripsi yang banyak ditanyakan. Semoga jawaban yang Kak Ambis berikan mudah dipahami dan bisa menjadi bahan pengetahuan untuk mempersiapkan ujian skripsi yang matang.

Berapa kali ujian skripsi?

Ujian skripsi biasanya dilaksanakan sebanyak satu kali. Namun, apabila terjadi mengulang sidang karena skripsi memang belum layak, maka mahasiswa bisa melakukan ujian ulang supaya hasil karya ilmiahnya memang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Apakah sidang skripsi sudah pasti lulus?

Sidang skripsi belum tentu lulus. Lulus tidaknya ditentukan oleh dosen penguji dan pembimbing. Biasanya, dipastikan lulus apabila mahasiswa sudah menyelesaikan hasil revisi yang diminta selama sidang skripsi. Apabila sudah diperbaiki dan diterima oleh dosen, maka baru bisa dinyatakan lulus.

Oh iya, syarat lulus bukan hanya skripsi ya. Namun, ada syarat khusus misalnya tidak ada nilai D dalam nilai. Jika ada maka harus mengulangnya dan harus sudah KKN (jika KKN wajib).

Setelah sidang skripsi apa lagi?

Mahasiswa yang sudah sidang skripsi, selanjutnya adalah melakukan revisi sampai hasil akhir laporan skripsi diterima oleh dosen dan mendapatkan nilai.

Jika sudah mendapatkan nilai, maka mahasiswa bisa mendaftar Yudisium untuk bisa lulus kuliah dan mengikuti prosesi yang ada.

Sidang skripsi dihadiri oleh siapa saja?

Setidaknya, sidang skripsi dihadiri oleh dosen pembimbing, dosen penguji dan kalian sebagai presenter yang akan diuji mengenai skripsimu. Jumlah penguji biasanya hanya satu dosen saja, sedangkan pembimbing skripsi bisa berjumlah antara 2-3 orang.

SOAL LPDP

Skripsi pada semester berapa?

Skripsi bisa diambil mulai semester 6 atau 7. Untuk pengambilan SKS skripsi ini, peraturan setiap kampus dan jurusan beda-beda, jadi sesuaikan dengan aturan yang ada.

Berapa lama waktu pengerjaan skripsi?

Tergantung. Lama atau cepatnya pengerjaan tergantung banyak faktor, antara lain faktor tingkat kesulitan penelitian yang dipilih, ketersediaan data, proses pengolahan data, analisis data yang digunakan, referensi yang susah dicari akan lebih lama, serta faktor dosen pembimbing.

Baca juga: 5 Ide Bingkisan Hadiah Untuk Dosen Pembimbing

Bagaimana Agar skripsi Cepat Selesai?

Wahh, tidak ada proses instan dalam mengerjakan sesuatu. Semuanya butuh proses. Namun, ada hal yang sebaiknya diperjuangkan, yaitu:

  1. Jangan sampai lost contact dengan dosen pembimbing terlalu lama.
  2. Jika ada kesusahan dalam skripsi, ceritakan kepada dosen.
  3. Jangan sok tau ketika bimbingan skripsi, nanti malah dianggap tau dan ternyata kita tidak tau bisa bingung setelahnya.

Berapa harga jasa pembuatan skripsi?

Jangan memakai jasa pembuatan skripsi walaupun harganya murah. Skripsi itu mudah, asalkan tau kemampuan dirimu sendiri.

Apakah nilai skripsi berpengaruh terhadap IPK?

Sangat berpengaruh. Sebab, SKS skripsi jumlahnya banyak, yaitu ada yang 5 SKS dan ada yang 6 SKS. Kalau dapat A pasti akan meningkatkan IPK mahasiswa. Kira-kira apalagi ya pertanyaan skripsi atau terkait sidang skripsi? Sini komentar.

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai persiapan skripsi, silakan langsung cek di Penelitian dan Skripsi Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait