LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Contoh Saran dalam Skripsi dan Panduan Membuat

Cara Membuat Saran Skripsi

Apabila kamu sudah sampai di BAB terakhir dari skripsimu, maka akan menemui yang namanya membuat saran skripsi. Bagaimana cara membuat saran skripsi yang baik beserta dengan contoh, supaya bisa dicontoh atau dijadikan referensi? Yuk simak artikel ringkas berikut ini.

Saran skripsi itu apa?

Saran skripsi merupakan bagian terakhir dalam laporan skripsi sebelum masuk ke daftar pustaka dan lampiran. Tujuan membuat saran di dalam laporan skripsi ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai kekurangan apa saja yang ada di dalam penelitian yang sudah dilakukan.

Ada beberapa kekurangan yang bisa dimasukkan di dalam bagian ini, yang artinya mengajak pembaca untuk perhatian juga saat membaca dan memahami laporan skripsimu.

  1. Mengenai penulisan, siapa tau ada tulisan kita yang banyak tipo atau mungkin kalimat yang susah untuk dipahami.
  2. Mengenai batasan masalah, biasanya untuk skripsi, akan banyak batasan masalah dan batasan penelitian yang digunakan sehingga hasil yang diperoleh pun juga tidak bisa terlalu banyak memberikan dampak yang sangat luas karena banyak faktor yang memengaruhi.
  3. Mengenai kebaruan. Penelitian yang dilakukan pasti banyak kurangnya, sehingga saran yang bisa kita berikan adalah untuk mengajak peneliti selanjutnya untuk memfokuskan pada hal-hal yang menurut kita bisa dikembangkan lagi.

Tiga poin diatas sebaiknya bisa dimasukkan kedalam bagian ini. Supaya skripsi yang kita buat juga ke depan memiliki dampak besar kepada perubahan dunia.

Contoh Saran Skripsi

Ada beberapa contoh yang bisa digunakan dalam penulisan saran ini ya. Berikut contohnya.

Contoh 1 – Saran Kepada Pemangku Kepentingan

Dalam upaya mengurangi jumlah kemiskinan di Kota Surakarta, pemerintah hendaknya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Semakin tinggi sumber daya manusia maka akan mengurangi jumlah penduduk miskin dan pemerintah dapat melakukan upaya seperti peningkatan fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan.

Sumber: http://eprints.ums.ac.id/39158/16/BAB%20V.pdf

SOAL LPDP

Contoh 2 – Saran Kepada Peneliti Selanjutnya

Hendaknya pada penelitian selanjutnya dapat memperdalam kembali mengenai faktor-faktor kebutuhan apa saja yang dibutuhkan kaum wanita berkaitan dengan kepuasan yang akan didapat setelah mengakses media online.

Sumber: https://e-journal.uajy.ac.id/1041/5/4KOM02998.pdf

Tips membuat saran skripsi yang baik

Apa saja yang sebaiknya ada dalam saran di laporan penelitian skripsi? Ada beberapa hal, antara lain sebagai berikut.

1. Tidak boleh lebih dari 200 kata

Pastikan cukup pendek saja, kurang lebih 200 kata dan lebih pendek dari kesimpulan yang dibuat. Mengapa demikian? Sebab, semakin banyak saran artinya semakin banyak juga penelitian yang telah kita lakukan dan pada akhirnya malah bisa dianggap tidak memiliki manfaat dan kurang dipercaya.

2. Tuliskan harapan untuk penelitian

Masukkan keinginanmu sebagai penulis atau peneliti terhadap capaian yang diinginkan dalam penelitian ini.

3. Memberikan rekomendasi untuk peneliti selanjutnya

Bagian terakhir, bisa juga memberikan rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode lain yang lebih baik sebagai pembanding, atau menyarankan lokasi lain atau bahkan sampel-sampel lain yang memiliki kemungkinan memberikan hasil yang baik dan signifikan.

Nah, itulah pembahasan yang bisa Kak Ambis sampaikan terkait contoh saran skripsi beserta cara pembuatannya. Nah, untuk mendapatkan artikel penting lainnya mengenai penyusunan skripsi, Kamu bisa banget kunjungi topik khusus, yaitu Topik Laporan Skripsi.

Apabila sudah selesai dengan laporan skripsimu, maka langkah terakhir adalah sidang skripsi. Persiapkan sidang skripsimu dengan lancar dan bisa menjawab pertanyaan susah yang sudah dirangkum dalam kumpulan artikel sidang skripsi di artikel Persiapan Sidang Skripsi.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait