LOGO BARU DUNIAKAMPUS

3 Tujuan Pembuatan Proposal Penelitian

Tujuan Pembuatan Proposal Penelitian

Tujuan pembuatan proposal penelitian bukan semata-mata untuk syarat memulai penelitian saja, tetapi ada beberapa tujuan yang lebih dari itu mengenai pembuatan proposal ini.

Sebagai seorang peneliti, baik itu mahasiswa, akademisi dan dosen, ada syarat untuk membuat penelitian setiap tahunnya dan juga harus bisa untuk publikasi nasional dan internasional. Bagi mahasiswa, minimal penelitian ini fokusnya di skripsi.

Namun, ada yang tau tidak sih mengapa Kita kok disuruh untuk membuat proposal penelitian? Yuk simak secara singkat penjelasan berikut.

3 Tujuan Pembuatan Proposal Penelitian

Berikut 3 tujuan penting yang sebaiknya Kamu pahami, bukan hanya dibaca.

1. Untuk Syarat Mendapatkan Persetujuan

Bagi mahasiwa, sebelum menjalankan penelitian skripsi maka harus mengajukan yang disebut dengan proposal skripsi. Nah, proposal skripsi ini diajukan mahasiswa kepada dosen pembimbing dan juga nanti akan dilakukan seminar proposal untuk mendapatkan masukan dari dosen-dosen lainnya.

Jadi, jika belum lulus pembuatan proposal skripsi ini maka mahasiswa belum bisa untuk melanjutkan pengambilan data untuk skripsi. Bagaimana kerangka proposal skripsi ini? Kamu bisa baca pada Kerangka Proposal Skripsi.

2. Mendapatkan Pendaan

Kedua, yaitu mendapatkan pendanaan atau sponsor dana untuk penelitian yang kita ajukan. Pastinya, penelitian tidaklah murah dan bahkan bagi dosen dan peneliti, dana yang dibutuhkan untuk penelitian ini sangat banyak sehingga perlu pendanaan.

SOAL LPDP

Oleh karena itu, untuk mendapatkan pendanaan yang jelas dan sesuai rencana, diperlukan proposal penelitian yang lengkap bahkan timeline dan juga rencana anggaran yang dikeluarkan.

3. Punya Deadline

Terakhir, punya deadline kapan penelitian akan selesai dan juga luaran yang jelas. Artinya, penelitian yang baik adalah yang selesai dan dikerjakan. Jadi, jika tidak ada timeline yang jelas, penelitian akan mundur terus. Selain itu, dengan adanya deadline ini, Kita juga bisa memperkirakan ingin masuk ke jurnal apa saja dari penelitian kita.

Nah, itulah penjelasan mengenai tujuan pembuatan proposal penelitian. Jadi, bukan semata-mata hanya memenuhi syarat tetapi memang sepenting itu memiliki proposal penelitian yang baik, benar dan dapat dipercaya.

Baca juga: Margin Proposal Skripsi 4433 dan Panduan Mengaturnya

Untuk informasi lebih banyak mengenai penelitian, skripsi dan lainnya, Kamu bisa kunjungi ulasan yang rinci dan solusinya di Penelitian dan Skripsi Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait