LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Jawaban “Bagaimana beasiswa ini dapat membantumu”

Bagaimana beasiswa ini dapat membantumu

Ketika wawancara beasiswa, ada pertanyaan bagaimana beasiswa ini dapat membantumu kan? Jika iya, berikut cara jawab yang baik dan bisa lolos seleksi di essay atau seleksi wawancara yang mengandung pertanyaan ini. Sebab, menjawab ini memang kadang susah-susah mudah sih, tergantung dari si pelamar beasiswa juga.

Kalau misalkan memang bingung, Kak Ambis akan bagikan sedikit pendeketan yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan ini.

1. Membantu Biaya Kuliah

Apabila beasiswa yang diberikan ini berupa biaya untuk kuliah, maka kamu pastikan menjawab ini supaya relevan dengan apa yang diinginkan oleh pemberi beasiswa, yaitu membantu meringankan biaya kuliah yang dikeluarkan.

Agar lebih detail lagi, bisa dijelaskan juga siapa yang selama ini membiayai kuliahmu. Apabila orang tua, maka bisa membantu meringankan orang tua dan apabila biaya sendiri, bisa membantu diri sendiri untuk biaya kuliahnya.

2. Untuk Mendapatkan Bimbingan Soft Skill

Ada banyak sekali beasiswa yang tidak hanya memberikan uang untuk meringankan biaya kuliah, ada juga yang menambahkan berupa pelatihan, kepemimpinan dan lainnya. Nah, alasan kedua ini bisa kamu gunakan jika memang kamu ingin mendapatkan skill dari pengalaman yang akan didapatkan nanti selama pelaksanaan.

3. Supaya Bisa Fokus Berprestasi

Selain kedua hal di atas, dengan beasiswa, kamu juga sudah tidak lagi terlalu memikirkan masalah keuangan minimal biaya untuk kuliah. So, kamu bisa banget nih mulai fokus untuk mendapatkan prestasi yang lebih.

Prestasi apa yang bisa kamu dapatkan selama kuliah dengan terbantunya beasiswa ini? Misalnya sebagai berikut.

  • Saya bisa fokus kuliah dan mendapatkan IPK min. 3.30
  • Kemudian, saya bisa ikut lomba-lomba LKTI dan ingin mengharumkan nama kampus saya
  • Pengen meraih cita-cita bisa pertukaran pelajar
  • dan masih banyak lagi.

Nah, alasan dan cita-cita bisa kamu ceritakan dengan adanya dampak secara tidak langsung ketika mendapatkan beasiswa yang kamu lamar. Intinya adalah bagaimana kamu menjual diri dengan kemampuan dan impian yang kamu inginkan dan rencanakan.

SOAL LPDP

Ingat, rencakan! Tanpa ada rencana, ceritamu akan terlihat membual dan pada akhirnya hanya cerita umum dan template saja. Semoga sedikit jawaban di atas bisa membantumu ya. Alasan lain bisa kok seperti supaya bisa aktif di organisasi lebih dan lainnya. Intinya punya rencana yang jelas kedepan sampai lulus kuliah.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait