LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Apa itu Jumlah Tanggungan Orang Tua? Ini Cara Menghitungnya

tanggungan orang tua

Biasanya saat mendaftar kuliah, KIP Kuliah, atau seleksi beasiswa akan ditanya mengenai jumlah tanggungan orang tua. Nah, data ini sangat penting bagi panitia pelaksana dan sebagai calon mahasiswa atau penerima beasiswa harus tepat dalam mengisi data ini ya. Namun, dengan kalian datang kesini, pasti bingung kan cara mengisinya?

Santai, Kak Ambis akan bantu jelaskan mulai dari definisi sampai dengan cara mengisi bahkan menghitungnya supaya bisa lebih jelas.

Apa itu Tanggungan Orang Tua?

Jumlah tanggungan orang tua merupakan jumlah anggota keluarga yang tidak bekerja dan tidak menghasilkan pendapatan sendiri yang ditanggung oleh anggota keluarga yang bekerja dan menghasilkan orang tua.

Jadi, tujuan mengisi data ini adalah untuk memperkirakan berapa tanggungan yang bekerja kepada anggota yang tidak bekerja dalam satu keluarga. Biasanya sih, tanggungan orang tua paling banyak itu sebanyak 5 anggota saja.

Informasi dan data ini sangat diperlukan untuk memperkirakan penghasilan dan biaya hidup keluarga, serta untuk menentukan kelayakan untuk mendapatkan bantuan keuangan atau program lainnya.

Cara Menghitung Jumlah Tanggungan Orang Tua

Cara menghitungnya sebenarnya cukup mudah. Acuannya adalah Kartu Keluarga yang ditanggung oleh kepala keluarga saja.

Misalnya, keluargamu itu berisi anggota keluarga sebagai berikut:

  • Ayah: Kerja sebagai karyawan
  • Ibu: Sebagai penjual/pegadang kelontong
  • Anak 1: Kelas 3 SMA
  • Anak 2: Kelas 1 SMP

Maka tanggungan orang tua dihitung anggota yang tidak bekerja saja. Yang termasuk tanggungan keluarga adalah 2 anak, sebab tidak bekerja.

SOAL LPDP

Contoh lain sebagai berikut, misalnya keluargamu ada anggota keluarga seperti ini:

  • Ayah bekerja sebagai kuli bangunan
  • Ibu sebagai IRT, tidak mendapatkan penghasilan
  • 2 Anak yang masih SMP
  • Nenek

Maka tanggungan orang tua, yaitu sebanyak 4, terdiri dari ibu, 2 anak dan nenek. Sebab, mereka tidak menghasilkan pendapatan dan yang menanggung beban hidup untuk makan adalah ayah seorang diri.

Jadi, begitu ya, Mudah kan untuk menghitung jumlah tanggungan orang tua ini? Biasanya sih jumlah ini digunakan untuk mengisi pendaftaran seleksi masuk kuliah melalui SNBP, SNBT atau KIP Kuliah yang nanti digunakan untuk penentuan biaya UKT yang diperoleh. Semoga pembahasan singkat kak Ambis ini dapat dicerna dengan mudah ya.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait