LOGO BARU DUNIAKAMPUS

5 Alasan dan Motivasi Masuk HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

motivasi masuk hmj

Artikel khusus motivasi masuk HMJ di kuliah – Banyak yang menyepelekan salah satu organisasi penting ini di kampus dan merasa ini organisasi paling kecil. Padahal, banyak banget keuntungan apabila kamu lebih memilih HMJ daripada organisasi yang lain di fakultas atau di tingkat kampus.

Saking banyakanya, dalam artikel ini cuma dibahas 5 saja ya untuk alasan penting masuk HMJ terutama kamu yang mahasiswa baru.

Daftar Alasan Penting masuk HMJ

Berikut adalah lima motivasi masuk hmj (himpunan mahasiswa jurusan) saat kuliah yang bisa Kak Ambis jelaskan:

1. Mendapatkan Pengalaman Unik

Dengan masuk hmj, kamu akan terlibat dalam berbagai kegiatan dan proyek yang berkaitan dengan jurusanmu. Kamu akan belajar banyak hal baru di luar kelas, seperti cara menjadi pemimpin, cara berorganisasi, cara berkomunikasi, dan lain-lain.

Pengalaman ini akan berguna untuk masa depanmu dan bisa dijadikan sebagai motivasi masuk HMJ yang paling utama.

2. Membangun Relasi Pertemanan

Dengan masuk hmj, kamu akan mengenal lebih banyak teman sejurusan, baik seangkatan maupun kakak atau adik tingkat. Kamu juga akan bertemu dengan mahasiswa dari jurusan lain, bahkan dari kampus lain. Relasi pertemanan ini akan memperkaya wawasan dan pengetahuanmu, serta membantu kamu saat membutuhkan bantuan atau dukungan.

Selain relasi dengan teman seangkatan, relasi dengan kakak tingkat dan alumni bisa makin dekat. Apalagi kalau nanti bisa juga mendapatkan pekerjaan dari rekomendasi kakak tingkat yang sudah kerja. Nyari kerja setelah lulus juga lebih mudah, kan.

SOAL LPDP

3. Dikenal oleh Dosen

Dengan masuk hmj, kamu akan lebih sering berinteraksi dengan dosen-dosen di jurusanmu. Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan prestasi dan potensimu di mata mereka.

Kamu juga akan mendapatkan bimbingan dan saran dari mereka untuk mengembangkan dirimu. Selain waktu menjabat, biasanya kalau sudah kenal dengan dosen, proses penelitian dan skripsi juga akan lebih cepat karena sudah tidak terlalu canggung atau takut untuk konsultasi.

4. Mendapatkan Kesempatan Meraih Beasiswa

Beberapa beasiswa tertentu biasanya menargetkan mahasiswa yang aktif berorganisasi, termasuk di hmj. Dengan masuk hmj, kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Beasiswa ini akan sangat membantu kamu dalam membiayai kuliahmu dan meningkatkan kualitas pendidikanmu.

5. Mempersiapkan Diri untuk Dunia Kerja

Dengan masuk hmj, kamu akan melatih kemampuan soft skill dan hard skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Kamu akan belajar cara bekerja sama dalam tim, cara mengatasi masalah, cara mengelola waktu, dan lain-lain.

Kamu juga akan mendapatkan sertifikat atau portofolio yang bisa kamu gunakan sebagai bukti pengalaman organisasimu. Semoga banyak yang mulai sadar tentang keberadaan HMJ ini ya. Buat program yang menarik juga.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait