LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Apa itu Pembekalan KKN? Simak Tujuan & Manfaat Ini!

Pembekalan KKN

Pada kesempatan kali ini, kak Ambis bakal jelasin mengena salah satu bagian penting dalam KKN, yaitu pembekalan KKN. Sebelum lanjut kesana, yuk pahami ringkas dahulu tentang KKN secara umum.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa sebelum lulus kuliah. KKN adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai lokasi, baik di desa maupun di kota.

Tujuan KKN adalah untuk mengembangkan kemampuan akademik, keterampilan sosial, dan jiwa kewirausahaan mahasiswa, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Tentang Pembekalan KKN

Sebelum melaksanakan KKN, biasanya mahasiswa harus mengikuti pembekalan KKN yang diselenggarakan oleh lembaga atau unit pengelola KKN di masing-masing perguruan tinggi. Pembekalan KKN adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan oleh mahasiswa untuk menjalankan KKN dengan baik dan lancar.

Jenis Pembekalan KKN

Pembekalan KKN biasanya dilakukan melalui beberapa tahapan dan disesuaikan dengan kebutuhan pada setiap periode KKN. Secara umum, pembekalan KKN dikelompokkan menjadi tiga kategori sebagai berikut.

1. Pembekalan Umum

Pada bagian pembekalan umu, biasa pembekalan ini memberikan materi dasar tentang konsep, tujuan, jenis, prosedur, administrasi, dan laporan KKN. Pembekalan umum juga memberikan materi tentang pengelolaan kesehatan, keselamatan, dan keamanan selama KKN.

Dengan adanya pembekalan ini, kejadian yang tidak diinginkan bisa termitigasi dengan baik misalkan masalah K3 dan bagaimana kalau ada yang sakit.

SOAL LPDP

2. Pembekalan Wilayah

Pembekalan yang memberikan materi tentang kondisi geografis, sosial, budaya, ekonomi, dan potensi masyarakat di lokasi KKN.

Nah, adanya pembekalan wilayah ini juga memberikan materi tentang strategi komunikasi, adaptasi, dan kerjasama dengan masyarakat dan pihak terkait di lokasi KKN. Jangan sampai ada kejadian dipulangkan oleh piihak desa karena ada masalah yang tidak cocok dengan masyarakat desa setempat.

3. Pembekalan Tematik

Pembekalan yang memberikan materi tentang tema atau topik tertentu yang menjadi fokus KKN. Pembekalan tematik juga memberikan materi tentang penyusunan rencana program, pelaksanaan program, evaluasi program, dan pengembangan program KKN sesuai dengan tema atau topik tersebut.

Manfaat Pembekalan KKN bagi Mahasiswa

Pembekalan KKN memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa, antara lain sebagai berikut.

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa tentang KKN secara umum dan secara khusus sesuai dengan tema atau topik yang dipilih.
  2. Meningkatkan keterampilan dan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan program KKN yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Meningkatkan sikap dan mental mahasiswa dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan peluang selama KKN.
  4. Meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab mahasiswa dalam menjalankan tugas dan peran sebagai agen perubahan sosial.
  5. Meningkatkan kekompakan dan kerjasama antara mahasiswa sekelompok dalam menjalankan program KKN.
  6. Meningkatkan hubungan baik antara mahasiswa dengan masyarakat dan pihak terkait di lokasi KKN.

Oleh karena itu, pembekalan KKN adalah kegiatan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan oleh mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Dengan mengikuti pembekalan KKN secara serius dan penuh semangat, mahasiswa akan lebih siap untuk terjun ke masyarakat dan menjalankan program-program yang bermakna.

Semoga penjelasan ringkas tentang pembekalan KKN yang diadakan oleh kampus ini bisa dipahami ya. Jangan sampai tidak hadir selama pembekalan penting ini. Baca juga rekomendasi artikel lainnya tentang tips kuliah sebagai berikut.

Referensi:

  • https://kkn.uad.ac.id/pembekalan/
  • https://kkn.lppm.uns.ac.id/
Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait