LOGO BARU DUNIAKAMPUS

5 Pembukaan Moderator Presentasi dan Hal yang Harus Disampaikan

Pembukaan Moderator Presentasi

Dalam pembukaan diskusi atau presentasi, ada moderator presentasi sebagai pemandu sebuah diskusi. Berikut pembukaan moderator presentasi yang bisa digunakan oleh para moderator untuk tugas-tugas di sekolah ataupun di bangku kuliah bagi mahasiswa.

Apa saja yang harus disampaikan moderator?

Nah, bagi setiap moderator, sebelum melakukan diskusi dalam presentasi ataupun forum, perlu banget menyampaikan hal-hal penting ini sebagai aturan main dalam diskusi yang akan dijalani. Tujuannya, supaya bisa mudah untuk mematuhi peraturan dan tertib.

1. Aturan dan Etika

Sebagai seorang moderator harus menyampaikan aturan dan etika dalam forum diskusi kepada seluruh peserta. Aturan yang perlu disampaikan antara lain sebagai berikut.

  • Aturan tentang topik yang dibahas
  • Bahasa yang digunakan
  • Perilaku yang diperbolehkan dan dilarang
  • Sanksi yang diberikan jika aturan dilanggar
  • Dan izin untuk meninggalkan forum.

Nah, beberapa poin di atas, harus disampaikan oleh moderator supaya bisa menjaga kondusifitas dalam diskusi.

2. Tujuan Forum Diskusi

Jelaskan tujuan forum diskusi kepada seluruh peserta, sehingga setiap orang dapat memahami dengan jelas mengenai topik diskusi yang dibahas dan jenis pertanyaan atau jawaban yang relevan.

  • Jika yang dibawakan dalam kelas adalah tugas kuliah, maka bisa menyampaikan terkait topik yang akan dipresentasikan.
  • Jika yang dibawakan adalah forum di luar kelas yang lebih fleksibel, maka sampaikan topik dan tema yang dibahas dalam FGD.

3. Panduan Teknis

Buat dan berikan informasi mengenai panduan teknis kepada peserta, seperti cara penggunaan platform, tata cara posting, dan fitur-fitur yang tersedia.

4. Respon Terhadap Pertanyaan

Moderator harus siap untuk merespon pertanyaan dan menjawab keraguan yang mungkin dimiliki oleh pengguna forum, sehingga dapat membantu memperjelas topik dan mempertahankan kualitas diskusi.

SOAL LPDP

5. Peraturan Umum

Selain itu, moderator harus memastikan bahwa forum diskusi sesuai dengan peraturan umum dan tidak melanggar hukum yang berlaku (baik peraturan kampus dan negara).

Contoh Pembukaan Moderator Presentasi

Berikut beberapa pembukaan moderator yang bisa digunakan apabila kamu sebagai moderator.

  1. Selamat pagi/siang/sore/malam semua, terima kasih sudah hadir di acara presentasi ini. Saya [nama moderator] disini sebagai moderator dan akan memandu acara hari ini. Sebelum memulai diskusi, Saya ingin menyampaikan beberapa peraturan dalam presentasi dan diskusi ini. ….
  2. Salam sejahtera untuk kita semua. Saya [nama moderator], berindak sebagai moderator dalam presentasi, presentasi dengan membahas topik yang sangat menarik dan penting untuk dibahas.
  3. Hai, teman-teman! Terima kasih sudah hadir di presentasi ini. Saya [nama moderator] akan memperkenalkan pembicara hari ini dan topik yang akan dibahas.
  4. Assalamualaikum wr. wb. Selamat datang di acara presentasi hari ini. Saya [nama moderator] akan membuka acara dengan memberikan pengantar tentang topik yang akan dibahas.
  5. Hari ini kami akan berdiskusi tentang Culture Shock. Saya Nurul selaku moderator akan membimbing jalannya diskusi ini.

Baca juga artikel terkait presentasi berikut ini.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait