LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Pertanyaan untuk Dosen Saat Perkenalan, Maba Sebaiknya Tau

Pertanyaan untuk Dosen Saat Perkenalan

Untuk mahasiswa baik maba atau mahasiswa lama, waktu dosen perkenalan pertama kali, coba tanyakan pertanyaan untuk dosen saat perkenalan ini. Walaupun biasanya jarang sekali yang bertanya, sebaiknya kalian sebagai mahasiswa yang bukan lagi “SISWA” juga harus lebih kritis lagi ya. Minimal adalah berani bertanya.

Terus, apa yang ditanyain kepada Dosen kak Ambis?

Nah, untuk itu, simak penjelasan baik-baik pada artikel singkat ini dan semoga bisa dikembangkan lagi ya. Biar tidak template-template amat.

1. Tanya Kriteria Penilaian

Biasanya, waktu kuliah di minggu pertama, dosen memberikan perkenalan diri dan juga pengantar untuk mata kuliah yang diampunya. Kalau misalkan dosen tidak memberikan penjabaran yang jelas terkait porsi penilaian, bisa banget lho bertanya tentang porsi penilaian ini kepada dosen.

Misalnya seperti ini.

“Permisi pak/bu (nama), apa saja kriteria mahasiswa yang berhak untuk dapat A di matkul ini? Apakah bobot paling banyak di UTS dan UAS saja?. Terima kasih”

2. Referensi Bacaan

Pertanyaan kedua yang bisa diajukan, yaitu mengenai referensi bacaan yang sebaiknya mahasiswa baca apa saja untuk menunjang pegetahuan tentang materi yang diajarkan. Biar tidak terpaku pada slide presentasi yang dipaparkan dosen.

“Permisi pak/bu (nama), apa saja buku yang bisa dijadikan rujukan mahasiswa untuk mata kuliah ini? Kalau bisa yang bisa dibeli dan murah pak, hehe?.”

SOAL LPDP

3. Masuk Peminatan Apa?

Di dunia kuliah, banyak banget matkul yang aneh-aneh dan kadang juga susah untuk mengklasifikasikannya. Nah, coba tanyain mata kuliah yang diambil ini termasuk pada peminatan apa. Biar relevan denga tujuanmu kuliah dan skripsi nantinya.

Kayaknya 3 pertanyaan di atas cukup untuk mewakili perkenalan dosen dan pertanyaan untuk dosen saat perkenalan pertama kali. Semoga ada pertanyaan lainnya juga. Kalau kalian biasanya nanya apa? Coba komentar ya nanti Kak Ambis masukkan dalam artikel ini.

Baca juga bacaan relevan untuk mahasiswa

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait