LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Bagaimana Jika Mahasiswa Tidak Lulus Sidang Skripsi

bagaimana jika tidak lulus sidang skripsi

Ada pertanyaan menarik nih, yaitu bagaimana jika tidak lulus sidang skripsi? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini ya. Kak Ambis akan jelaskan beberapa hal mengapa mahasiswa bisa tidak lulus sidang skripsi. Sebab, sangat jarang sih mahasiswa tidak lulus skripsi itu.

Penyebab Mahasiswa Tidak Lulus Sidang Skripsi

Ada 4 hal penting yang menyebabkan kamu tidak lulus sidang skripsi, tapi potensinya juga kecil kok.

1. Tidak Menguasai Skripsi

Masalah paling sering ditemui adalah mahasiswa tidak bisa menguasai apa yang menjadi penelitiannya dalam skripsi atau tugas akhir. Tidak menguasai ini ada dua penyebab, yaitu karena joki atau yang kedua ya mahasiswanya asal saja dalam menyelesaikan skripsi.

Bagaimana dosen penguji tau? Yaps, dari penjelasanmu saat presentasi dan proses tanya jawab saat sidang skripsi. Jika, dari latar belakang skripsi saja sudah tidak kuat dan tidak bisa menjawab, maka skripsimu dianggap sampah dan kamu cuma asal saja.

2. Kurang Bimbingan dengan Dosen Pembimbing

Kedua, dosen pembimbing yang menemanimu sidang skripsi tidak bisa menolongmu. Kenapa bisa begitu? Sebab, antara kamu mahasiswa dan dosen jarang banget untuk bimbingan. Hal ini yang dapat membuat dosen tidak tau progresmu lebih jauh, tidak tau apa maksudmu dan tidak bisa memantik apa yang membuatmu bingung.

Ketika ujian skripsi dan kamu ditanya sama dosen penguji, pada akhirnya dosen pembimbing cuma bisa diam saja. Bukan salah dosenmu, tapi bisa jadi juga salahmu. Ketika bimbingan kamu tidak pernah berdiskusi atau menyampaikan apa yang sedang kamu bingungkan dan jadi masalah.

3. Tulisan Jelek

Tulisan jelek. Bukan masalah hasil turnitin yang rendah (alias tidak plagiat), seorang dosen tau apakah kamu memahami isi skripsimu atau tidak hanya dengan melihat penjelasanmu.

SOAL LPDP

Jika tidak ada alur yang jelas dalam skripsimu, dalam tulisanmu dan dalam pembahasanmu, maka dipastikan kamu cuma copas hasil, cuma copas referensi dan ya sebagai syarat nulis skripsi aja. Penting tebal. Ga begitu membuat skripsi coy..

4. Data Tidak Komplit

Pengulangan skripsi bisa jadi karena data penelitian tidak komplit atau ada kejadian diluar prediksi. Misalnya, kamu penelitian di perusahaan. Ternyata selama penelitian perusahaan tutup karena bangkrut. Ya kalau dipaksakan untuk sidang, bisa jadi tidak baik sebab data lapangan sudah tidak komplit.

Nah, empat hal itu yang biasanya paling sering terjadi di mahasiswa. Ada faktor lain juga, misalnya kamu kepepet ujian, metodemu tidak jelas, bahkan bisa jadi latar belakangmu ngawur, itu bisa membuatmu tidak lulus skripsi.

Bagaimana jika tidak lulus sidang skripsi?

Jika tidak lulus sidang skripsi, maka mahasiswa wajib mengulang sidang skripsinya di lain waktu apabila skripsinya sudah dibenarkan sesuai dengan catatan dosen penguji. Tetap bisa ujian atau sidang skripsi lagi, cuma biasanya nilai maksimalnya tidak bisa dapat nilai A.

Semoga menjawab ya pertanyaan di atas dan jangan sampai sia-siakan skripsimu. Baca juga artikel buat sidang skripsi “10 Pertanyaan Sidang Skripsi dan Jawaban [By Pengalaman]“.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait