LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Cara membuat latar belakang skripsi bagi mahasiswa pemula

membuat latar belakang skripsi

Buatlah latar belakang yang baik dan benar sesuai dengan panduan cara membuat latar belakang skripsi ini supaya cepat di ACC dosen pembimbing skripsimu.

Menyusun dan Membuat latar belakang skripsi merupakan sebuah kendala yang muncul setelah memilih tema atau judul skripsi yang disukai dan rencananya ingin dieksekusi dalam proposal penelitian. Masalahnya adalah kamu datang ke artikel ini, pasti kamu bingung atau punya masalah dalam menyusun skripsi, kan?

Bersyukurlah, sebab artikel ini akan bisa membantu masalah besarmu itu menjadi lebih mudah untuk dilalui.

Artikel ini ditulis bukan semata-mata hanya sebagai tips saja, tetapi memang bertujuan bisa membantumu para mahasiswa tingkat akhir untuk segera lulus, terhindar dari beban keluarga dan beban kampus. Jadi, usahamu akan lebih dihargai jika bisa lulus tepat waktu. Nah, saya harap dengan mengetahui cara membuat latar belakang kalian bisa lebih ringan dalam memulai skripsi ya.

Bagaimana sih cara menyusun latar belakang skripsi yang baik dan mudah untuk dilakukan?

Ikuti cara membuat latar belakang skripsi ini

Dalam bahasan ini, akan ada beberapa langkah supaya kalian bisa menggali mana kekurangan dan apa saja yang sudah dikerjakan (ditulis) dalam latar belakang.

1. Mendeskripsikan Topik Penelitian

Langkah paling penting pertama kali adalah mendeskripsikan apa topik penelitian yang kalian pilih. Hal ini berhubungan erat dengan judul penelitian yang kalian minati dan juga masalah apa yang sedang ingin kamu teliti.

SOAL LPDP

Ah, gampang kalau cuma mendeskripsikan aja. Semenit paling selesai.

Yaps, karena gampang itulah harus dilakukan secepat mungkin, bukan berarti kalau gampang malah ditinggal dan dilewati. Apa yang harus dideskripsikan? Ada beberapa hal.

  • Alasan utama mengapa memilih topik penelitian ini. Apa yang menarikmu sehingga sampai rela untuk memilih topik ini. Jawabannya bisa beranekaragam, bisa seperti: karena minat jurusan, karena sedang concern mengamati hal ini dan yang paling kuat adalah karena sedang mengalami masalah ini dari sudut padangmu.
  • Kemudian, jika sudah, jelaskan masalah apa yang kamu lihat dan harus diperbaiki. Masalah ini harus dideskripsikan sebab jika tidak, maka hanya akan ada dipikiran saja. Cara paling mudah untuk menggali masalah ini adalah dengan menggunakan diagram berikut ini (dibawah ini).

    Mengapa hal ini penting? Semakin tau akar masalahnya, maka akan semakin baik dan kuat latar belakang skripsimu dan orang yang membaca (dosenmu) bakal yakin kalau ini bener-bener masalah, bukan hanya sebatas cuma milih masalah.
cara menentukan masalah untuk latar belakang
  • Hal yang perlu digarisbawahi adalah, kalian perlu fokus pada satu masalah saja. Jangan sampai nanti fokus ke banyak masalah.
  • Jika sudah mendeskripsikan masalah, lanjut untuk langkah kedua yang lebih detail lagi.

Bingung menentukan judul skripsi? Silakan, ikuti panduan berikut: Cara Menentukan Judul Skripsi

2. Menulis Dengan Outline

Outline ini sangat penting, sebab sebuah latar belakang harus disusun secara sistematis. Bayangkan kamu sedang menyelesaikan masalah rahasia negara, maka hal yang penting bukan masalahnya tetapi urutan-urutan dibelakang yang mendorong terjadinya masalahlah yang paling penting.

“Mengatakan masalah tanpa ada alasan sama saja menuduh”, masa iya skripsimu hanya tuduhan saja. Kan gak relevan dengan mahasiswa yang katanya dididik dengan berpikir kritis dan sistematis.

Maka dari itu, susunlah menurut outline supaya bisa runtut dan urut. Arahkan semua masalah-masalah atau penyebab-penyebab sebelumnya sampai bisa menyimpulkan masalah utama yang ingin kalian teliti. Mudahnya seperti ini.

  • Masalah 1, Penyebab 1.
  • Masalah 2, Penyebab 2.
  • Masalah 3, Penyebaab 3.
  • dst.
  • Masalah utama.

3. Ringkas, Bukan Panjang

Membuat latar belakang skripsi yang baik adalah yang ringkas tetapi memiliki kronologi yang urut dan sistematis. Tidak boleh bertele-tele sampai yang baca bingung dengan “apa masalah utama” yang ingin kamu sampaikan.

Oleh karena itu, pastikan latar belakang yang kalian tulis secara ringkas, jelas, dan padat informasi serta dukung dengan data dan sumber referensi yang valid & kredibel.

4. Fokus Pada Topik

Fokuslah pada masalah utama atau topik utama. Fungsi menggali penyebab masalah dan masalah pendukung adalah untuk menjelaskan dan menguatkan masalah utama yang kamu pilih sejak awal.

Contoh: “Pentingnya Google Book dalam Meningkatkan Minat Baca Bagi Siswa SMA 1 Ponorogo”

Dalam masalah di atas, kalian bisa menjelaskan mengenai beberapa hal:

  • Masalah umum membaca di SMA 1 Ponorogo
  • Masalah pada hasil ujian atau prestasi SMA 1 Ponorogo
  • Jelaskan mengenai literasi digital
  • Apa itu Google Book
  • Hubungkan korelasi dengan masalah yang ada dengan solusi yang ingin kamu teliti (hipotesis ada hubungan baik antara google book dan literasi siswa).
  • Terakhir, jelaskan mengapa ingin meneliti masalah ini, ingin menyelesaikan dengan metode apa dan juga mengapa sampai memilihnya sebagai judul skripsimu.
  • Sebutkan tujuan dari penelitian ini.

Nah, topik yang fokus akan memudahkan kita untuk mencari tempat penelitian ataupun memilih objek. Jangan sampai malah memilih objek yang tidak memiliki masalah.

5. Cari Referensi Pendukung yang Kuat

Apabila sudah membuat outline dan penjelasan kronologi yang jelas, terakhir adalah carilah referensi pendukung yang kuat untuk latar belakang skripsimu semakin baik dan kuat. Misalnya, dengan contoh pada poin 4, maka kamu bisa mencari referensi sebagai berikut.

  • Data literasi di Indonesia
  • Data nilai dan prestasi di SMA 1 Ponorogo
  • Kegiatan yang dilakukan sekolah selama ini untuk mendukung literasi
  • Pendukung literasi di perpustakaan SMA 1 Ponorogo
  • Bisa juga melakukan penelitian pendahuluan (lebih valid dan juga terbaru) untuk membuktikan hipotesis secara kasar.

Dengan menerapkan dan menjalankan 5 poin di atas, dipastikan latar belakang skripsimu jadi yang paling baik dibandingkan dengan teman-teman seangkatanmu. Untungnya kamu telah membaca artikel ini dan juga mau mempraktikkan.

FAQ Latar Belakang Skripsi

1. Penulisan latar belakang skripsi yang benar

Latar belakang skripsi yang baik dan benar apabila ditulis secara sistematis dengan kronologi yang jelas dan urut.

2. Apa itu latar belakang skripsi

Latar belakang ditulis dan disusun bertujuan untuk menjelaskan alasan mengapa sebuah topik, judul atau masalah diangkat menjadi skripsi dan perlu diteliti.

3. Apa saja isi latar belakang skripsi

Umunya, latar belakang berisi runtutan masalah yang dilandasi dengan bukti, data, konsep, dan hubungan antara variabel tang terkait dengan topik.

Nah, kalau misalnya ada masalah lain dalam menyusun laporan skripsi, kalian bisa banget eksplore informasi penting lainnya yang sudah kami bahas dalam Topik Penelitian Mahasiswa.

Baca juga artikel terkait berikut ini.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait