LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Tips Mengerjakan Skripsi BAB 1

Tips Mengerjakan Skripsi BAB 1

Kok mengerjakan BAB 1 aja tidak selesai-selesai sih. Apa masalahnya ya? Bisa jadi kalian tidak menerapkan beberapa checklist penting ini. Oleh karena itu, coba deh kalian simak tips-tips berikut ini untuk menulis bab 1 skripsi biar cepat di ACC dosen pembimbing.

1. Tips Mengerjakan Latar Belakang Skripsi

Pertama-tama hal yang harus kalian lakukan adalah menentukan pokok bahasan dalam latar belakang penelitian. Kemudian, coba urutkan pokok bahasan dari yang paling umum hingga yang paling spesifik. Jangan lupa, setiap pokok bahasan harus dikembangkan menjadi sebuah paragraf yang terdiri dari minimal 3 kalimat, ya.

Selanjutnya, gunakan referensi terbaru (3-5 tahun yang lalu) sebagai penunjang untuk mendukung alasan kalian melakukan penelitian. Ingat, referensi sangat penting untuk menambah kepercayaan diri kalian dalam menulis skripsi.

Jangan lupa melakukan parafrase dalam mengutip sebuah teori atau pemikiran yang kalian dapat dari referensi. Dengan begitu, kalian bisa menunjukkan bahwa kalian memahami materi yang kalian pelajari dan memahami mengapa melakukan penelitian sekarang.

2. Tentukan Batasan Penelitian yang Jelas

Batasan penelitian ini juga termasuk kedalam batasan masalah. Artinya, ada koridor tertentu yang harus kita batasi supaya penelitian tidak kemana-mana dan bahas banyak hal. Misalnya, kita membatasi faktor apa saja yang memengaruhi penelitian dan apa saja yang diabaikan.

Tujuannya, biar hasilnya bisa bagus dan sesuai dengan tujuan penelitian. Selain itu, penelitian skripsimu bisa lebih cepet selesai sebab sudah kalian batasi sejak awal scope-nya.

3. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah paling penting sebab ini akan menjawab hipotesis yang kalian ajukan. Kalau bisa, tujuan ini coba diskusikan dengan dosen supaya langsung clear di awal.

4. Rumusan Masalah

Terakhir, tetapkan rumusan masalah yang paling penting untuk diteliti. Biasanya, proposal yang tidak segera ditelirti itu memiliki rumusan masalah yang sangat banyak dan dosen juga bingung masalah mana yang mau diselesain oleh mahasiswanya dalam penelitian.

SOAL LPDP

Kalau bisa, pakai satu masalah utama saja untuk rumusan masalah biar terpenuhi juga batasan masalah yang baik.

Kayaknya cuma 4 itu aja sih kalau membahas BAB 1 di skripsi ya. Oh iya, poin penting dari BAB 1 ini sebenarnya bagaimana kalian menjelaskan masalah dengan jelas, rinci dan berbasis fakta (bukan asumsi).

Tips dari Pejuang Skripsi Lainnya

Kak ambis juga udah berselancar di twiter untuk mencari beberapa tips dari mereka yang sudah lulus dan lancar skripsinya. Perhatikan ini.

tips mengerjakan bab 1 skripsi - 1
tips mengerjakan bab 1 skripsi - 2
Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait