LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Contoh Alasan Memilih Judul Proposal Skripsi yang Kuat

Contoh Alasan Memilih Judul Proposal

Mengapa memilih judul skripsi menjadi hal penting untuk dipahami, terutama karena pertanyaan ini akan ditanyakan saat proses sidang skripsi. Kenapa kok ditanyakan dosen pembimbing dan penguji? Sebab, dari sinilah dosen bakalan tau apa tujuan dari penelitianmu sebelum mengulas lebih dalam di bagian latar belakang penelitian.

Apa pentingnya menjawab pertanyaan ini?

Kemampuan kalian sebagai mahasiswa dalam menjawab pertanyaan ini dapat memberikan gambaran kepada dosen penguji apakah mahasiswa tersebut benar-benar tertarik untuk meneliti atau hanya ingin cepat lulus.

Bahkan ya, dosen juga tau kalau kalian menggunakan jasa joki atau tidak hanya dengan melihat jawaban kalian saat ditanya pertanyaan “Apa alasan memilih judul proposal skripsi ini?”.

Contoh Alasan Menjawab Mengapa Memilih Judul Skripsi

Agar jawaban mahasiswa memuaskan, berikut adalah beberapa contoh alasan memilih judul skripsi.

1. Variabel yang Diteliti Sangat Penting berdasarkan Kondisi Sesungguhnya

Kalian dapat mengaitkan pemilihan judul dengan urgensi dan pentingnya variabel yang dipilih. Selain menjelaskan pentingnya variabel, mahasiswa dapat menunjukkan korelasi antara dua variabel dalam judul yang ingin diteliti.

Jangan bingung juga bedain pengaruh dan hubungan. Nanti malah bingung.

Dengan demikian, dosen penguji akan melihat ketertarikan, niat, dan ambisi mahasiswa dalam meneliti judul skripsinya.

SOAL LPDP

Oleh karena itu, dalam memilih variabel, penting sekali bahwa kalian harus memperhatikan isu-isu terkini yang membutuhkan solusi dan solusi tersebut dapat ditemukan melalui penelitian dalam skripsi.

2. Jelaskan Tujuan dan Perbandingan dengan Penelitian Sebelumnya

Alasan memilih judul skripsi juga perlu disampaikan dengan menjelaskan seberapa besar manfaat dan dampak tujuan dari penelitian tersebut.

Mahasiswa dapat memperkuat argumen dengan menyampaikan data atau pembanding dengan penelitian sebelumnya.

Data penelitian dapat ditemukan dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel ilmiah, buku internasional, foto, atau video terkait kondisi saat ini tentang variabel dalam judul.

Dengan demikian, mahasiswa dapat memberikan penjelasan yang kuat dan meyakinkan mengenai alasan pemilihan judul skripsi.

Jangan lupakan tujuan penelitian kalian ya, terus untuk manfaatnya fokus ke pada kalian sendiri sebagai peneliti.

3. Menjelaskan Rumusan Masalah Penelitian

Dan yang menurutku paling ampuh untuk menjawab ini adalah coba jelaskan rumusan masalah kalian saat menjawab pertanyaan ini. Hal ini yang menjadi kelemahan para mahasisiwa, cuma fokus ke judul skripsi tapi tidak kuat di bagian rumusan masalah.

Apabila kalian bisa menjelaskan dan mengaitkan rumusan masalah dengan judul proposal kalian, maka jawabannya pasti memuaskan para dosen penguji. Makanya, di artikel sebelumnya aku sudah tulis khusus cara menentukan rumusan masalah yang tepat.

Coba baca dahulu biar bisa menjawab soal judul proposal ini dengan benar dan pastinya menarik bagi dosen.

Dengan menjelaskan alasan-alasan tersebut secara terperinci, mahasiswa akan dapat menunjukkan kepada dosen penguji bahwa mereka benar-benar memahami dan tertarik dengan topik penelitian yang mereka pilih, serta memiliki kemampuan untuk menguraikan alasan-alasan tersebut secara persuasif.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait