LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Langkah-Langkah Membuat Jurnal Skripsi bagi Mahasiswa Kuliah

Cara Membuat Jurnal Skripsi

Banyak sekali skripsi yang dijadikan jurnal, khususnya jurnal mahasiswa. Berikut panduan cara membuat jurnal skripsi yang baik dan struktur jurnal yang mudah. Biasanya, masalah utama dalam mengonversi sebuah skripsi menjadi jurnal adalah dari tulisan yang sangat panjang kadang lebih dari 80 halaman harus diubah menjadi sebuah jurnal yang maksimalnya 8-10 halaman saja sudah termasuk daftar pustaka.

Untuk masalah itu, ikuti panduan berikut dalam hal “cara membuat jurnal skripsi” yang mudah dan beberapa struktur yang perlu diperhatikan.

Berikut panduan menyusun jurnal skripsi yang mudah dan pasti lolos

1. Membuat judul jurnal yang unik dan beda

Langkah pertama dan kadang sulit adalah bagaimana caranya menyingkat judul skripsi yang begitu panjang menjadi judul jurnal yang tidak terlalu panjang dan kadang tergolong pendek. Umumnya, panjang judul jurnal tidak lebih dari 14 kata.

Apabila membuat judul jurnal, juga jangan terlalu pendek dan umum yang mengakibatkan bisa membuat pembaca kebingungan maksud dari isinya.

Catatan: Apabila bingung, silakan konsultasikan dengan dosen pembimbing kalian.

2. Menyiapkan abstrak jurnal sesuai aturan

Bagian kedua yang harus dibuat adalah abstrak. Abstrak jurnal merupakan sebuah summary atau ringakasan dari jurnal yang ditulis lengkap dengan panjang 250 kata dan disertai dengan keyword (kata kunci).

Apa saja yang harus ada dalam abstrak?

  • Masalah utama yang diangkat dan diselesaikan dalam jurnal
  • Tujuan penelitian yang spesifik
  • Metode penelitian yang dipakai
  • Hasil penelitian yang mengarah untuk menjawab kesimpulan penelitian.

Empat hal itu harus ada dalam abstrak. Nah, jangan lupa juga masukkan keyword yang ingin digunakan dan relevan dengan penelitian.

Berikut contoh abstrak jurnal yang baik.

contoh abstrak jurnal
Abstrak Jurnal | I Made Andi Pramarth, IMPLEMENTASI APLIKASI SIG DALAM PENGOLAHAN DATA JUMLAH
PENDUDUK BERBASIS WE, Jurnal Elektronik Ilmu Komputer – Universitas Udayana

3. Menyusun pendahuluan yang langsung poin utama masalah

Pada bagian pendahuluan ini sebenarnya masih sama dengan skripsi. Namun, untuk isinya lebih singkat dan langsung fokus ke latar belakang masalah yang paling spesifik. Jangan bertele-tele.

Apa saja yang ada dalam pendahuluan jurnal skripsi?

  • Masalah yang akan dibahas.
  • Penelitian terdahulu (yang telah dilakukan).
  • Perbedaan penelitian terdahulu dengan penelitian yang sedang kalian kerjakan dalam skripsi.
  • Tujuan penelitian.

4. Menambahkan metode penelitian yang digunakan

Metode penelitian dalam jurnal sama persis seperti metode yang digunakan dalam skripsi. Terus apa bedanya?

Perbedaanya hanya pada penyingkatan dan penjelasan rumus jika ada. Pastikan menulis metode dengan ringkas dan hanya perlu menuliskan keterangan rumus pada rumus yang umum digunakan.

5. Membahas hasil dengan ringkas

Jelaskan menganai deskripsi hasil temuan penelitian, interpretasi dan diskusi yang telah dibahas dalam pembahasan. Nah, tampilkan hasil yang paling penting saja dan memang dibutuhkan untuk dijelaskan yang berkaitan dengan isi jurnal.

Kadang dalam skripsi ada banyak sekali tabel dan juga grafik, maka tugas kalian adalah menyaring mana saja yang perlu ditampilkan dan yang tidak perlu.

Berikut contoh sederhananya kenapa harus pintar memilih yang ditampilkan.

tabel dan grafik jurnal skripsi
tabel dan grafik jurnal skripsi

6. Kesimpulan yang menjawab tujuan dan masalah

Bagian akhir, buatlah kesimpulan yang singkat. Kalau bisa satu paragraf saja dan menjawab tujuan utama dalam latar belakang. Tidak perlu menambahkan saran.

Contoh Kesimpulan Jurnal yang Singkat dan Baik

kesimpulan jurnal skripsi
kesimpulan jurnal skripsi

7. Memberikan referensi yang valid dan resmi

Silakan tulis semua daftar pustaka yang digunakan untuk menulis jurnal. Jumlah sitasi dan referensi yang digunakan harus sama ya. Jangan sampai ada sitasi tetapi tidak ada referensi di bagian daftar pustaka. Nanti dianggap tidak valid.

format daftar pustaka
Format daftar pustaka

Catatan: Gunakan format daftar pustaka dari penyedia publikasi jurnal yang diikuti. Masing-masing penerbitan jurnal berbeda formatnya.

8. Berikan informasi pendanaan (jika ada saja)

Apakah penelitianmu didanai resmi oleh pemerintah atau pemberi dana seperti RTA, PKM dan sebagainya? Silakan masukkan juga ya. Dengan begitu akan bermanfaat untuk klaim dana dan juga mengenalkan Indonesia ke kancah internasional jika jurnalnya internasional.

Contoh

pendanaan penelitian
pendanaan penelitian

Itulah penejelasan singkat mengenai cara membuat jurnal dari skripsi dan bagian yang harus diperhatikan. Kunci utama: tanyalah dosenmu untuk menulis yang baik dan benar serta perhatikan dan baca peraturan atau format dari penyelenggara penerbitan jurnal.

Apabila ada masalah lain dalam menyusun laporan skripsi, baca artikel pada topik Skripsi dan Penelitian Mahasiswa. Disana sudah dijelaskan rinci mulai dari membuat cover sampai lulus kuliah dengan skripsi.

Baca juga artikel terkait berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait