LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Setelah Sidang Skripsi Kapan Wisuda? Lakukan ini dulu!

Setelah Sidang Skripsi Kapan Wisuda

Wahh, selamat sudah sidang skripsi. Terus setelah sidang skripsi kapan wisuda? Sebelum lanjut wisuda, lakukan hal ini dahulu ya. Sebab, ketika belum melakukan rangkaian setelah sidang skripsi berikut, kalian tidak bisa ikut wisuda.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Wisuda

Ternyata, setelah ujian skripsi masih banyak rangkaian yang harus dilakukan loh.

1. Revisi Konten Skripsi

Ketika melakukan sidang skripsi, pasti ada saja kekurangan yang kita lakukan dan juga tambahan-tambahan yang harus dimasukkan ke dalam skripsi kita sebab dari saran dosen penguji atau memang perlu perbaikan.

Jadi, selesaikan dahulu untuk revisian ya. Apalagi revisi mengenai tata bahasa dan susunan, perlu waktu yang cukup lama biasanya.

2. Bimbingan

Bimbingan ini tidak hanya kepada dosen pembimbing skripsi saja, tetapi juga kepada penguji skripsi. Tujuannya, untuk memvalidasi apakah tambahan sudah ditambahkan dan membenarkan kekurangan yang belum ditulis oleh mahasiswa.

Baca juga: 5 Ide Bingkisan Hadiah Untuk Dosen Pembimbing

3. Jilid Hard Cover

Silakan untuk jilid hard cover skripsinya. Silakan tanyakan untuk kebutuhan cetak berapa eksemplar. Biasanya sih, 1 untuk kampus yang disimpan di perpustakaan, 1 untuk dosen pembimbing dan 1 untuk dosen penguji.

SOAL LPDP

Jika sudah dicetak dan benar, silakan untuk meminta tanda tangan untuk halaman pengesahan skirpsi.

4. Upload Skripsi di Repository

Setelah selesai, biasanya mahasiswa diwajibkan juga untuk mengunggah file skripsi di repository kampus perpustakaan. Nah, silakan cek panduannya sesuai dengan kampus masing-masing ya.

5. Mendaftar Yudisium

Daftar Yudisium. Tujuannya untuk mendapatkan ijazah dan sifatnya wajib. Apa itu yudisium dan apa bedanya dengan wisuda, silakan baca pada artikel: Perbedaan Yudisium dan Wisuda, Jangan Sampai Salah!

6. Mendaftar Wisuda

Silakan mendaftar wisuda apabila sudah selesai yudisium. Biasanya untuk wisuda, waktunya bebas dan ditawarkan beberapa waktu yang bisa dipilih oleh mahasiswa.

7. Wisuda

yey, akhirnya wisuda.

Nah, itulah penjelasan yang bisa Aku sampaikan mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh mahasiswa setelah sidang skripsi. Jika bertanya, kapan wisuda dilakukan setelah sidang skripsi?

Jawaban: Setelah menyelesaikan 7 syarat di atas dan mendaftar wisuda. Biasanya menunggu 1-3 bulan bervariasi sesuai dengan tangal ujian mahasiswa.

Eiitssss ….

Biasanya syarat bisa lulus itu menerbitkan jurnal mahasiswa dibeberapa kampus. Jika ada syarat ini dan kamu bingung cara membuatnya, silakan baca Panduan Membuat Jurnal dari Skripsi.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait