LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Lampiran Skripsi: Pengertian, Isi dan yang Harus Ada

Lampiran Penelitian Skripsi

Pada setiap laporan skripsi, pasti ada yang bagian penting setelah daftar pustaka yang jarang dibahas, yaitu lampiran skripsi. Apa itu lampiran skripsi? Apa tujuaanya lampiran ini? Dan Apa saja isi dari Lampiran ini?

Biar lebih tau lagi, simak penjelasan Kak Ambis berikut ini ya.

Apa itu Lampiran Skripsi?

Lampiran skripsi merupakan dokumen tambahan dalam skripsi yang berisi data pendukung atau hasil dari suatu penelitian, baik berupa gambar, foto, teks, dan lain sebagainya sebagai tanda kevalidan skripsi.

Daftar Lampiran Skripsi

Penempatan lampiran skripsi biasanya berada di bagian paling belakang setelah daftar pustaka dan memang ditambahkan untuk menunjang dan menunjukkan keaslian sebuah penelitian.

Tujuan Memberikan Daftar Lampiran

Tujuan adanya bagian lampiran ini, yaitu sebagai tempat meletakkan data tambahan yang mungkin terlalu banyak bila disertakan pada teks utama di dalam skripsi. Sebab, setiap kampus punya panjang halaman skripsi yang berbeda-beda.

Daripada kebanyakan data yang dimasukkan ke dalam bagian isi dan pembahasan, maka jika dimasukkan dalam lampiran akan lebih rapi dan ringkas saja. Bagian isi skripsi bisa tersampaikan dengan baik tanpa perlu ditutupi banyak gambar atau data mentah yang kurang begitu dibutuhkan.

Isi Lampiran Penelitian Skripsi

Apa saja yang bisa dimasukkan dalam lampiran? Ada banyak sekali. Simak berikut ini ya.

SOAL LPDP

1. Instrumen Penelitian yang Digunakan

Instrumen yang digunakan merujuk pada alat atau metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian. Misalnya, dalam program studi manajemen terdapat beberapa instrumen umum yang digunakan dalam skripsi, seperti instrumen variabel dan sejenisnya.

2. Hasil Wawancara dan Survei

Dalam penyusunan skripsi atau karya ilmiah, mahasiswa perlu memiliki data yang bersumber dari objek penelitian. Data ini dapat diperoleh melalui wawancara atau penyebaran kuesioner.

Seluruh pertanyaan dan jawaban dari narasumber perlu dicantumkan dalam lampiran. Demikian pula dengan pertanyaan dan jawaban dalam kuesioner. Tujuannya adalah untuk memberikan bukti bahwa wawancara atau kuesioner benar-benar dilakukan oleh mahasiswa.

3. Data Mentah dan Hasil Pengolahan Data

Mahasiswa perlu melampirkan hasil pengolahan data, baik dalam bentuk statistik maupun bentuk pengolahan data lainnya. Biasanya, pengolahan data dilakukan menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan hasilnya disertakan dalam lampiran skripsi.

Selain hasil olahan, data mentah juga perlu ditambahkan supaya lebih bisa menunjukkan kebenaran dalam pengolahan data itu sendiri. Jika tidak tau tentang data mentah, bisa baca artikel berjudul “Apa itu Data Mentah?“.

4. Surat Bukti Penelitian

Mahasiswa harus melampirkan surat izin penelitian dan surat balasan sebagai bukti bahwa skripsi yang disusun didasarkan pada penelitian yang nyata dan mendapatkan persetujuan dari objek penelitian.

Jadi, jangan lupa untuk memindai surat izin penelitian yang telah ditandatangani serta surat balasan dari objek penelitian yang akan menjadi subjek penelitian.

Baca juga: Surat Keaslian Penelitian Skripsi

5. Dokumentasi Saat Penelitian

Ini merupakan bukti penting lainnya yang perlu dilampirkan dalam lampiran ini. Hal ini bisa berupa foto dokumentasi atau tangkapan layar jika skripsi membahas penggunaan suatu aplikasi atau perangkat lunak.

Tujuan dari foto atau gambar ini adalah sebagai bukti bahwa mahasiswa telah melakukan penelitian sesuai dengan laporan yang diajukan.

6. Kode Pemograman

Bagian ini hanya ditujukan bagi mahasiswa jurusan informatika atau ilmu komputer. Oleh karena itu, source code program tidak dimasukkan dalam sistematika penulisan skripsi, tetapi diletakkan di lampiran.

Contoh Kode Pemograman dalam Skripsi
Contoh Kode Pemograman dalam Skripsi

Penyusunan lampiran ini perlu dilakukan secara sistematis dan berurutan agar pembaca dapat dengan mudah menemukan data yang mereka ingin lihat.

7. Surat-Surat Skripsi

Ada juga berkas bukti untuk menyelesaikan skripsi yang bisa dilampirkan. Contohnya seperti surat pengesahan proposal skripsi seperti berikut.

surat pengesahan proposal skripsi
Surat pengesahan proposal skripsi

Banyak kan lampiran-lampiran yang harus disiapkan oleh seorang mahasiswa untuk bisa menyelesaikan laporan skripsinya. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan Kak Ambis doain segera wisuda dan dapat kerja ya. Semangat…

Baca juga artikel terkait ini

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait