LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Manfaat Penelitian Bagi Peneliti, Cantumkan 3 Hal Ini

Manfaat Penelitian Bagi Peneliti

Setiap penelitian pasti memiliki tujuan dan manfaat. Salah satunya adalah manfaat penelitian bagi peneliti. Apa saja manfaat yang diperoleh? Ternyata ada 3 manfaat penting yang akan dirasakan oleh peneliti ketika menyelesaikan penelitian.

1. Melakukan Identifikasi Masalah Secara Mendalam

Pertama, peneliti mendapatkan kesempatan yang besar untuk memulai mengidentifikasi masalah yang terjadi dari sudut pandang pengamatannya. Artinya, dengan begitu sebagai seorang peneliti akan lebih arif dan juga lebih objektif ketika menilai masalah.

Semakin mengulik dan ingin meneliti, maka akan ketemu akar dari masalah bukan hanya masalah yang terlihat saja.

2. Berkontribusi untuk Menambah Ilmu Pengetahuan

Menambah pengetahuan sebab akan bisa mengetahui hipotesis yang muncul sejak awal mengapa meneliti. Selain itu, ilmu yang telah ditemukan bisa jadi sangat bermanfaat bagi orang lain.

Ilmu pengetahuan tidak hanya untuk dibaca saja, tetapi bisa sampai dibuat sebuah prototipe atau program berdasarkan acuan hasil penelitian yang dibuat dan diterapkan di wilayah atau kondisi yang lain.

3. Dapat Membantu Memenuhi Syarat Kuliah

Bagi mahasiswa, penelitian paling utama adalah skripsi atau tugas akhir. Manfaat yang paling bisa dirasakan adalah bisa lulus kuliah. Bagi mahasiswa S2, bisa submit jurnal juga merupakan salah satu syarat untuk lulus.

Bagi dosen, manfaat yang paling dirasakan adalah untuk mengurangi beban dan tanggung jawab publikasi sebagai dosen.

Nah, itulah 3 manfaat penelitian bagi peneliti. Bisa juga banyak manfaat lainnya, namun manfaat di atas biasanya yang paling sering dirasakan oleh peneliti.

Baca artikel pada topik Skripsi dan Penelitian Mahasiswa sebab rinci mulai dari membuat cover sampai lulus kuliah dengan skripsi.

Baca juga artikel terkait berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait