LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Apa itu Seminar Proposal Skripsi? Begini 5 Cara Menghadapi Sempro

Seminar Proposal Skripsi

Semester 6 atau 7 menjadi tonggak pertama untuk mulai bergelu dengan dunia per-skripsi-an kampus. Sebelum skripsi, sebagian jurusan ada yang menerapkan adanya seminar proposal skripsi, sehingga mahasiswa haruslah mempersiapkan ini sejak awal supaya saat seminar nanti lancar dan disiapkan dengan matang.

Oleh karena itu, yuk sebaiknya baca mengenai seminar yang satu ini sampai tuntas dan jangan salah kaprah memahaminya.

Apa itu Seminar Proposal Skripsi?

Seminar proposal skripsi atau dikalangan mahasiswa disebut dengan sempro, merupakan pemaparan rencana penelitian skripsi yang telah ditulis dalam sebuah proposal di depan mahasiswa lain dan juga dosen penguji seminar proposal tersebut.

Apa Tujuan Sempro?

Tujuan diadakan sempro ini adalah sebagai langkah awal apakah rencana penelitianmu disetujui atau tidak oleh dosen penguji serta bakal banyak tambahan-tambahan yang bisa dipertimbangkan setelah adanya sempro skripsi ini.

Jadi, mahasiswa saat sudah menjalankan penelitiannya tidak takut lagi apakah metode yang dipilih benar atau salah sebab sudah diuji melalui sempro ini, dipastikan boleh dilanjutkan dalam menjalankan penelitian.

Baca juga: Perbedaan Proposal Skripsi Dan Skripsi

Tips Menghadapi Seminar Proposal

Nah, karena sempro ini merupakan langkah pertama yang harus dilalui supaya bisa memulai untuk mengambil data dan melakukan penelitian, maka pastikan menghadapi ini dengan benar.

SOAL LPDP

1. Lihat Seminar Proposal Sebelumnya

Tips pertama yang bisa Saya berikan adalah ikutilah sempro dari kakak tingkat atau teman seangkatanmu yang sempro dahulu. Tujuannya, supaya lebih tau kondisi seminar itu seperti apa saja, presentasi yang dibawakan tentang apa saja serta pertanyaan apa yang sering diajukan oleh dosen kepada mahasiswa yang sedang sempro skripsi.

Minimal, dengan mengetahui ini, Kamu bisa lebih tenang dan tau alur untuk seminar proposal dalam ruangan.

2. Diskusikan Proposal Skripsi dengan Dosen Pembimbing

Pastikan, sebelum mendaftar seminar proposal, kamu sudah sering berdiskusi dengan dosen pembimbing skripsi ya. Terlebih lagi mengenai pertanyaan yang sering ditanyakan oleh dosen saat mengikuti sempro sebelum-sebelumnya.

Selanjutnya, tanyakan juga mengenai hal-hal berikut kepada dosen pembimbingmu mengenai apakah isi dan bahasan sudah baik atau belum.

  • Judul, nanti akan ditanyakan pasti mengenai alasan mengenai memilih judul skripsi. Tipsnya, bisa dibaca pada Jawaban “Apa Alasan Memilih Judul Skripsi?”
  • Tujuan Skripsi yang Jelas.
  • Rumusan masalah penelitian.
  • Mengapa memakai metode tersebut dalam BAB 3.

Ketempat poin tersebut harus bisa kamu jawab dengan jelas dan tanpa ragu saat seminar ya. Jadi, jika didiskusikan dengan dosen pembimbing dahulu akan lebih baik.

3. Buat Presentasi yang Runtut

Buatlah materi presentasi yang runtut dan poin-poin. Bukan mengkopas dari proposal langsung ditempel di power point ya. Semakin runtut, maka semakin enak juga bagi yang menjelaskan dan bagi yang mendengarkan.

4. Latihan Presentasi

Jangan malu dan malas untuk latihan presentasi. Apalagi jika Kamu sudah seorang pendiam, jadi latihlah supaya tidak grogi di depan umum ya.

5. Latihan Menjawab Pertanyaan

Pastiny banyak pertanyaan yang sudah Kamu kumpulkan saat melihat mahasiswa lain melakukan seminar proposal skripsi. Catat dan coba susun dengan kata-kata jawabanmu ketika nanti seolah-olah kamu memperoleh pertanyaan tersebut.

Latihan omong dan bayangkan apa respon yang akan keluar dari dosen dari ajwaban yang Kamu berikan. Dengan begitu, minimal mental sudah terasah dan juga otak juga mulai berpikir secara sistematis mengenai alur skripsimu.

Baca juga: Margin Skripsi dan Proposal Skripsi yang Benar

Itulah 5 tips yang bisa Saya bagikan sesuai pengalaman saya menjalai seminar proposal skripsi. Pastinya grogi pasti ada, apalagi juga ditonton oleh teman-teman lainnya.

Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai persiapan skripsi, silakan langsung cek di Penelitian dan Skripsi Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait