LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Cara Menjawab, Apa Alasan Memilih Judul Skripsi ini?

alasan memilih judul skripsi

Bagaimana jika aku ditanya dosen mengapa memilih judul ini? Apa alasan memilih judul skripsi ini? Ketika sedang seminar proposal atau sidang skripsi, pertanyaan yang wajib tau jawabannya adalah alasan memilih judul skripsi. Hal ini kayak sudah kewajiban seorang penguji untuk bertanya dan sebagai salam pembuka sebelum pertanyaan lainnya datang. Terus, bagaimana dong cara menjawab pertanyaan yang mudah ini tapi sulit untuk mejawabnnya?

Biasanya, ketika sudah presentasi dan juga menutupnya, sesi dari dosen penguji adalah memulai untuk melakukan validasi tulisan dari mahasiswa yang ujian.

Hal ini tujuannya untuk mengetahui apakah mahasiswa tersebut memahami apa yang ditulis atau tidak. Bahkan, bisa juga menilai apakah skripsi mahasiswa hasil kerjaan sendiri atau joki.

Langsung ke poin pembahasannya, pertanyaan pertama yang mudah tetapi susah untuk menjawabnya? Ikuti panduan atau cara berikut ini.

Cara Menjawab “Apa Alasan Anda Memilih Judul Skripsi Ini?”

Nanti kak ambis akan bahas cuma 3 cara saja ya. Ini adalah dasar untuk menjawabnya supaya nanti bisa kalian kembangkan lagi sesuai dengan pertanyaan lanjutan dari dosen pengujimu.

Biasanya sih, dosen tidak hanya menanyakan alasan saja, tetapi akan menelusur sampai detail mengapa judul skripsimu wajib diteliti.

Baca juga: Cara chat dosen penguji skripsi

SOAL LPDP

1. Ketahui Lebih Dalam Rumusan Masalah Skripsi

Cara pertama dan paling mudah adalah memahami masalah utama dalam penelitian yang diangkat. Artinya, sebuah penelitian pasti ada masalah yang ingin diselesaikan.

Apabila Kamu bisa memahami masalah dengan detail dan mengetahui fakta-fakta yang ditulis dalam skripsi, pasti mudah menjawabnya. Sebab, untuk menjawab pertanyaan ini diawali dengan menjawab dengan rumusan masalah yang diangkat.

Jika masih ragu lagi, siapkan 1-2 jurnal pendukung dari masalah tersebut. Latar belakang yang kuat adalah yang didukung dengan referensi yang kuat juga. Kalau jawabanmu bisa sesuai dengan yang kamu tulis di laporan skripsi dan juga membawa bukti jurnal atau lainnya, dijamin kamu tidak akan diulik banyak oleh dosen penguji, hehe.

2. Memahami Tujuan Penelitian

Setelah mendapatkan rumusan masalah yang paling berpengaruh, selanjutnya kaitkan dengan tujuan penelitian. Pastikan juga, tujuan penelitian yang kamu tulis sesuai dengan masalah yang kamu jelaskan kepada Dosen Penguji.

Kalau kalian sampai tidak hafal dan tidak paham maksud dari tujuanmu, kamu akan diragukan oleh dosen pengujimu. Dikejar-kejarlah kalian dengan pertanyaan yang unik dan kadang tidak terpikirkan sebelumnya. So, hafalin minimal.

3. Kaitkan dengan Metode Penelitian

Setelah itu, hubungkan cara mengatasi masalah pada rumusan masalah dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai menggunakan metode penelitian yang digunakan dalam skripsi.

Apabila 3 hal tadi dijawab dengan urut dan padat, masalah menjawab pertanyaan ini tidak akan sulit dan dosen penguji akan terkesan dengan jawaban yang sangat urut (memiliki aliran yang jelas dan valid).

Contoh Jawaban

Misalkan ada kasus owner tidak memahami digital marekting sehingga sosmed tidak diurus dengan baik, padahal pangsa pasarnya adalah mahasiswa yang notabene sangat erat dengan dunia internet dan media sosial.

Mengapa saya memilih judul tersebut, sebab banyak teman-teman saya dan saya sendiri merasakan ada hal yang aneh dan harus bisa ditingkatkan lagi dari segi cara pemasaran Produk X ini secara online. Setelah saya wawancara langsung ternyata masalahnya adalah tidak pahamnya owner dalam digital marketing.

Oleh sebab itu, saya meneliti ini dengan tujuan …… dan menggunakan metode ….. Sehingga, saya memutuskan untuk memilih judul tersebut sebab akan sangat membantu bagi pemilik bisnis jika sadar dan mampu untuk mengelola digital marketing sendiri secara in house.

Baca juga: 7 Cara Menentukan Judul Skripsi yang Cerdas

Itulah pembahasan singkat mengenai cara menjawab alasan memilih judul skripsi bagi mahasiswa yang sedang akan menjalani sidang skripsi. Semoga lancar. Apabila ingin tau lebih banyak tentang skripsi dan penelitian, bisa langsung cek di topik khusus Skripsi dan Penelitian Mahasiswa.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait