LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Menjawab: Apa yang Membedakan Penelitian Ini dengan Penelitian Sebelumnya

perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya

Berikut panduan menjawab pertanyaan dosen “Apa perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya?” dengan mudah dan yakin. Keyakinan dan sistematis dalam menjawab menjadi faktor penting kalian untuk meyakinkan seorang dosen penguji.

Mengapa Dosen Penguji Nanya Ini?

Nah, mengapa sih dosen menanyakan ini? Pahami dahulu faktor-faktor ini supaya jawabanmu juga bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh dosen. Sebab, dosen sudah tau juga kapasitas kita sebagai mahasiswa.

Jadi, dosen ingin mengetahui seberapa jauh dan dalam kamu meriset masalah dalam penelitian yang sedang kamu lakukan. Apakah hanya hipotesis aja atau memang benar-benar ada masalah dari penelitian sebelumnya.

Terkadang, mahasiswa sukanya hanya mengambil judul yang sama dari kakak tingkat yang sudah lulus dan hanya ganti objek penelitian saja atau bahkan hanya pindah lokasi aja. Padahal masalahnya tidak ada di objek dan tempat baru tersebut. Jadi, dosen pasti nanya hal ini.

Baca juga: Cara Menjawab Pertanyaan “kenapa memilih lokasi penelitian ini?”

Cara Menjawab

Kemudian, bagaimana cara menjawab pertanyaan ini dengan benar dan yakin benar? Walaupun dosen juga akan mengulik lebih dalam lagi sih.

1. Pastikan Ada Penelitian Terdahulu

Pada artikel sebelumnya yang berjudul “Penelitian Terdahulu, Kunci Penting Skripsi“, Kak Ambis sudah jelaskan bahwa penelitian terdahulu sangat penting bagi mahasiswa yang akan skripsi. Hal ini berkaitan dengan pengajaran bagaimana seorang mahasiswa mau membaca dan membandingkan dengan penelitian sebelumnya.

SOAL LPDP

Buatlah tabel penelitian terdahulu dalam skripsimu. Ini akan menjadi sangat membantu jika kamu lakukan dan akan mudah dibaca juga. Contohnya bisa baca pada “Contoh Tabel Penelitian Terdahulu“.

2. Cari Kekurangan yang Akan Kamu Improve

Cari kekurangan dari penelitian terdahulu yang bisa kamu lakukan perbaikan dan inilah poin utama permasalahan yang akan kamu sampaikan kepada dosen penguji. Carilah 3-4 penelitian sebelumnya yang memiliki kekurangan yang hampir sama dan jadikan itu sebagai jawaban bahwa kekurangan itu akan saya lengkapi dalam penelitian saya kali ini.

3. Jawab dengan Dampak

Apabila sudah, baru sampaikan dampak yang akan didapatkan ketika kamu menambahkan perbaikan tersebut dalam penelitianmu. Kira-kira apa yang akan terjad ketika kekurangan penelitian sebelumnya bisa diperbaiki dengan memenuhi kekurangan-kekurangannya.

Oh iya, kekurangan penelitian terdahulu bisa dicek pada batasan penelitian dan juga saran. Jadi, bisa tau apa yang harus dilakukan peneliti selanjutnya. Kira-kira begitulah cara menjawab pertanyaan “perbedaan penelitian ini dengan penelitian sebelumnya?”.

Artikel Penting Terkait Skripsi

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait