DUNIAKAMPUS

Contoh Jawaban Alasan Layak Menerima Beasiswa Tidak Mampu

Salah satu pertanyaan wawancara atau essay seleksi beasiswa adalah apa alasan layak menerima beasiswa tidak mampu ini? Biasanya ini untuk menjawab beasiswa seperti beasiswa bantuan untuk keluarga tidak mampu, beasiswa KIP kuliah atau beasiswa bidikmisi.

Cara Menjawab Pertanyaan Ini

Jika ditanya mengenai apa alasan saudara layak menerima beasiswa tidak mampu ini? Maka ada 3 hal yang bisa kamu jelaskan.

1. Kondisi Ekonomi Ayah dan Ibu

Pertama, silakan jelaskan ekonomi ayah dan ibu. Bisa dengan mulai apa pekerjaan mereka, berapa upah yang diperoleh setiap bulannya. Kalau misalkan tidak bekerja, ya jelaskan tidak bekerja. Kalau misalkan kerja serabutan atau kuli, ya jelaskan juga mengenai ketidakpastian pekerjaan (kadang kerja kadang tidak juga sesuai yang meminta).

2. Tanggungan Keluarga

Kedua, jawab berapa tanggungan keluarga yang ditanggung oleh ayah dan ibu (jika bekerja). Misalnya, dirumah yang kerja hanya ayah saja dan harus menanggung nenek, ibu yang kerja serabutan dan anaknya berjumlah 3 termasuk saya. Masih ada 2 adik yang harus ditanggung ayah di bangku SMP dan SD.

Begitu misalnya. Jadi, jelaskan saja siapa yang menggunakan uang dari hasil kerja ayah dan ibu tersebut ya.

3. Prestasi Kamu

Jelaskan bahwa kamu memang berprestasi dan bisa bersaing dengan yang lain yang sudah mapan. Sebab, bisa pernah lomba apa, atau potensi lainnya misalnya juara kelas atau pernah mewakili sekolah. Nanti, hubungkan antara prestasimu tersebut dengan rencanamu di kuliah.

Misalnya, dengan bantuan ini saya akan ikut lomba-lomba juga selama kuliah. Semoga bisa membantu saya makin berprestasi dan sebagai kontribusi saya membanggakan kampus saya.

Nah, itu lah 3 cara menjawab yang benar menurut pengalaman saya. Contohnya gimana? Ya silakan sesuaikan dengan kalian jujur cerita saja. Ga ada yang pasti kok cara jawabnya. Semoga bermanfaat ya, kalau mau dapat informasi terkait beasiswa lainnya bisa cek di Bahas Beasiswa Kuliah

Baca artikel terkait lainnya juga.

Share Artikel ini
WhatsApp
Twitter
Telegram
Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe To Our Newsletter

Ingin dapat update informasi Tentang Skripsi, Tips Beasiswa, PKM dan PIMNAS dan Lainnya? Subscribe aja.

*Dengan memasukkan email Anda, Anda setuju untuk menerima email Duniakampus.com, termasuk email pemasaran, dan menyetujui Syarat & Ketentuan kami.