LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Apa itu PTN BH? Simak Kelebihan dan Kekurangan

kelebihan dan kekurangan PTN BH

PTN BH itu singkatan dari Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Artinya, PTN BH merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan sama pemerintah dengan status berbadan hukum yang otonom. Nah, pada artikel ini Kak Ambis pengen jelasin mengenai PTN BH ini mulai dari kelebihan sampai kekurangan yang mahasiswa juga wajib tau. Yuk, langsung aja

Status PTN BH

Jadi ceritanya, pemerintah lewat Kemendikbud sudah memberikan hak otonom ke perguruan tinggi negeri itu biar lebih mandiri dalam melaksanakan program-programnya. Dengan adanya hak otonom ini, mereka bisa mengelola keuangan institusi mereka sendiri tanpa ada campur tangan pemerintah atau Kemendikbud.

Yaps, Jadi kayak punya dompet sendiri gitu deh.

Status hukum ini sebenarnya nunjukin kalau PTN ini udah teruji kualitasnya dan pemerintah udah melepas mereka begitu saja. Makanya banyak banget PTN di Indonesia yang ingin mendapatkan status PTN BH setelah tahu apa itu PTN BH dan manfaatnya dalam jangka panjang. Namun, nggak semua PTN bisa dapetin status itu, dan meskipun bisa, harus ngelalui proses yang panjang dan nggak gampang.

Baca juga: Apa Itu Minggu Tenang Kuliah? Ini Lo Ternyata!

Keuntungan PTN BH

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh pihak Kampus apabila bisa mendapatkan status PTN Berbadan hukum ini. Antara lain sebagai berikut. Simak ya.

1. Memiliki Otonom Penuh

PTN BH bisa mengelola dirinya secara mandiri, memungkinkan pengembangan dan inovasi lebih cepat. Biasanya akan berdampak pada pembangunan yang cepat serta kerjasama yang lebih luas lagi karena memiliki otonomi sendiri.

SOAL LPDP

2. Luasnya Otonomi

PTN BH memiliki otonomi yang lebih luas dalam mengurus rumah tangganya, termasuk membuka atau menutup Program Studi dan mengatur keuangan serta kepegawaian.

Hal ini bisa meningkatkan kualitas pendidik (dosen) dalam memajukan kampus dan pendidikan mahasiswanya.

3. Keterbukaan (Transparansi)

PTN BH memiliki keterbukaan dalam menyajikan informasi relevan tepat waktu sesuai peraturan perundang-undangan dan standar pelaporan.

4. Meningkatkan Reputasi dan Kualitas

Status PTN BH menuntut peningkatan reputasi dan kualitas baik dari segi institusi maupun sumber daya, termasuk lulusan. Tujuannya adalah meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Selain itu, peminat mahasiswa baru juga bisa lebih banyak lagi sehingga kualitas mahasiswanya juga bisa lebih beragam.

Kekurangan PTN BH

Selain kelebihan dan keuntungan yang menggiurkan, ternyata dengan jadinya PTN BH juga bisa memberatkan calon mahasiswa lo.

  1. Pengurangan Dana Subsidi dari pemerintah.
  2. PTN BH mencari dana tambahan dari swasta, tetapi bisa mengakibatkan campur tangan korporasi dalam pengambilan keputusan dan mengarahkan kebijakan sesuai kepentingan ekonomi mereka.
  3. Biaya kuliah di PTN BH meningkat, yang bisa membuat akses pendidikan terbatas bagi golongan ekonomi bawah.
  4. Pengelolaan keuangan mandiri bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi dan tidak bertanggung jawab.
  5. Adanya persaingan untuk mendapatkan posisi penting dalam PTN BH dapat mengurangi fokus pada misi mencerdaskan anak bangsa.

Oleh karena itu, tidak heran kalau pas seleksi mahasiswa baru, ada saja uang pangkal di seleksi mandirinya. Dan bahkan, kuota untuk seleksi mandiri lebih banyak daripada kuota nasional lainnya.

Jadi, itu ya yang bisa Kak Ambis jelaskan buat mahasiswa mengenai PTN BH ini. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi mengenai perkembangan dunia perkuliahan. Informasi unik yang baru tentang dunia kuliah, bisa cek di Tips Kuliah.

Ada artikel lain yang menarik untuk dibaca nih

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait