5 Ide Proker KKN Pendidikan (Konsep, Tujuan dan Durasi)

Apakah kalian sedang mencari ide proker KKN bidang pendidikan? Ada 5 ide KKN khusus untuk tema pendidikan beserta dengan konsep dan durasi.
Proker KKN Pendidikan

Apakah kalian sedang mencari ide proker KKN bidang pendidikan? Jika iya, yuk perhatikan fokus-fokus yang bisa kalian pilih.

Sebelum lanjut ke contoh, kalian wajib tau nih beberapa hal yang sebaiknya kalian pertimbangkan dalam membuat program kerja KKN khususnya untuk tema pendidikan.

Pertimbangan Proker KKN Pendidikan

  • Membuat pembelajaran jadi lebih seru
  • Ningkatin skill guru dan murid
  • Dorong minat baca dan tulis
  • Bangun karakter yang keren
  • Manfaatin teknologi buat belajar
  • Peduli sama lingkungan dan kesehatan
  • Membuat bahan ajar yang kreatif

Mengapa kok harus memperhatikan hal tersebut? Agar anak-anak yang ada di kampung tempat kalian KKN juga bisa merasakan manfaatnya, bisa ingat di masa depan, dan nantinya bisa turun temurun diterapkan di desa tersebut jika memiliki dampak yang baik.

Jangan cuma asal bikin ya!

Rekomendasi Proker KKN Tema Pendidikan

Nah, kalau kalian butuh contoh konkretnya, coba cek 10 ide proker KKN pendidikan berikut.

1. Kelas Mengajar Kreatif

Gimana kalau kalian membuat kelas yang seru banget? Idenya, kalian ngajar di sekolah setempat pakai cara yang kreatif dan interaktif. Tujuannya biar anak-anak jadi semangat belajar, sekalian kasih inspirasi ke guru-guru di sana. Butuh waktu sekitar 3-4 minggu nih, minggu pertama buat siapin materi, sisanya buat praktek ngajar.

2. Perpustakaan Mini Keliling

Kalian bisa membuat perpus kecil yang bisa pindah-pindah ke mana-mana di desa. Keren kan? Idenya pakai kendaraan kecil atau gerobak yang dimodif jadi perpus. Tujuannya biar anak-anak di desa makin suka baca. Butuh waktu sekitar 4-5 minggu, 2-3 minggu buat siapin, 2 minggu buat jalan-jalan keliling desa.

3. Workshop Teknologi buat Guru

Nah, ini buat bantuin guru-guru biar makin keren pakai teknologi waktu ngajar. Kalian bisa kasih pelatihan cara pakai gadget atau aplikasi yang oke buat ngajar. Butuh waktu sekitar 2 minggu, termasuk nyiapin materi dan ngadain workshopnya.

SOAL LPDP

4. Science Camp untuk Anak

Bayangin membuat anak-anak jatuh cinta sama sains. Kalian bisa adain kamp seru dengan eksperimen-eksperimen gampang tapi wow. Tujuannya biar anak-anak makin penasaran sama ilmu pengetahuan. Bisa dijalanin selama seminggu penuh, tapi jangan lupa siapin seminggu sebelumnya ya.

5. Taman Baca Ramah Anak

Gimana kalau membuat tempat baca yang cozy dan menarik buat anak-anak? Tujuannya biar mereka jadi suka baca dari kecil. Butuh waktu sekitar 3-4 minggu buat ngedesain, bangun, dan mencari buku-buku yang oke.

Itulah 5 ide yang bisa Saya berikan. Semoga kalian bisa mengembangkan lebih banyak lagi. Ide di atas, bisa dijadikan bahan untuk berpikir mengembangkan ide-ide yang lain yang lebih WOW dan pastinya “sesuai dengan kasus di desa kalian” tempat KKN ya.

Jangan lewatin juga, beberapa artikel KKN berikut ini.

Artikel terbaru

Diposting oleh

Maksimalkan diri selama jadi mahasiswa.

Kalian harus bisa berkembang sendiri, jangan di dikte orang lain.