Transkrip Nilai Kuliah

Saat kebutuhan tertentu, kadang kita diminta untuk mengumpulkan transkrip nilai kuliah sebagai syaratnya. Nah, apa itu transkrip nilai? Yuk simak penjelasan Kak Ambis pada kanal khusus kampuspedia, pusatnya istilah di dunia perkuliahan.

Apa itu Transkrip Nilai Kuliah?

Transkrip nilai kuliah merupakan dokumen yang berisi daftar nilai dari semua mata kuliah yang diambil selama masa studi di perguruan tinggi oleh mahasiswa. Transkrip nilai kuliah biasanya diberikan kepada mahasiswa setelah lulus dan bersamaan dengan ijazah dan dokumen penting lainnya.

Selain itu, untuk transkrip nilai sementara juga bisa digunakan untuk mendaftar KKN, beasiswa dan bahkan syarat untuk magang atau PKL.

Apa Fungsi Transkrip Nilai Kuliah?

Sudah sedikit di spill pada penjelasan diatas, ada banyak manfaat dan fungsi transkrip ini. transkrip nilai kuliah memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut.

1. Tanda Prestasi Akademik

Menjelaskan prestasi akademik mahasiswa selama kuliah, seperti nilai IPK, mata kuliah yang diambil, dan jumlah SKS yang diselesaikan. Jadi, tau mana saja mata kuliah yang mendapat nilai baik dan tidak.

2. Pencapaian Mahasiswa

Menyampaikan pencapaian akademik mahasiswa kepada pihak lain, seperti pemberi beasiswa, penerimaan studi lanjut, atau perekrut pekerjaan.

Jadi, bisa diminta saat kuliah maupun nanti setelah lulus kuliah.

3. Perkembangan Akademik

Menunjukkan perkembangan akademik Anda dari semester ke semester, seperti kenaikan atau penurunan nilai, pengambilan mata kuliah tambahan, atau pengulangan mata kuliah.

SOAL LPDP

Cara Memperoleh Transkrip Nilai

Untuk mendapatkan transkrip nilai kuliah, Anda harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh perguruan tinggi Anda, seperti:

  • Menyelesaikan semua mata kuliah yang diwajibkan dan pilihan sesuai dengan kurikulum.
  • Membayar biaya administrasi yang diperlukan untuk pembuatan transkrip nilai.
  • Mengajukan permohonan transkrip nilai kepada bagian akademik atau petugas khusus yang mengurusnya.
  • Menunggu proses pembuatan dan penyerahan transkrip nilai oleh pihak perguruan tinggi (biasanya dibuatkan oleh pihak fakultas).
  • Ajukan permohonan di akademik jurusan atau fakultas.
  • Proses biasanya hanya 1-2 hari saja.

Itulah penjelasan mengenai transkrip nilai mahasiswa selama kuliah. Semoga bermanfaat dan dapatkan penjelasan tentang dunia perkuliahan hanya di Kampus Pedia.

Istilah Terkait