Volunteer Mahasiswa

Volunteer dalam konteks kuliah adalah kegiatan sukarela yang dilakukan oleh mahasiswa untuk membantu organisasi atau lembaga tertentu. Kegiatan ini dilakukan tanpa imbalan dan bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat atau lingkungan sekitar.

Menjadi volunteer dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan, memperluas jaringan sosial, dan meningkatkan kepercayaan diri.

Sebelum menjadi volunteer, mahasiswa perlu mencari tahu tentang organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan tersebut dan mengetahui kegiatan apa yang akan dilakukan selama kegiatan volunteering.

Apakah volunteer itu di gaji?

Volunteer adalah kegiatan sukarela yang dilakukan tanpa imbalan. Oleh karena itu, volunteer dalam konteks kuliah tidak digaji.

Namun, setahu Kak Ambis nih, ada beberapa organisasi atau lembaga yang memberikan insentif atau tunjangan bagi mahasiswa yang menjadi volunteer. Insentif tersebut dapat berupa sertifikat, pengalaman kerja, atau kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan seminar.

Oh iya, Insentif tersebut bukanlah bentuk gaji melainkan bentuk penghargaan atas kontribusi dan kerja keras mahasiswa sebagai volunteer.

Apakah ada volunteer mahasiswa tetapi online?

Ya, ada beberapa organisasi atau lembaga yang menyelenggarakan kegiatan volunteer online untuk mahasiswa. Beberapa website yang dapat membantu mahasiswa menemukan kegiatan volunteer online yang sesuai dengan minat mereka adalah:

1. Indorelawan

Merupakan organisasi non-profit yang menghubungkan organisasi sosial dan relawan. Mahasiswa dapat mendaftarkan diri sebagai relawan ke program kegiatan sosial yang dibuka oleh organisasi sosial.

SOAL LPDP

Kegiatan sosial tersebut tidak hanya dapat dilakukan secara offline, tapi kegiatan tersebut juga dapat dilakukan secara online.

2. Student Job Indonesia

Portal ini dikhususkan untuk pelajar SMA atau SMK, mahasiswa dan fresh graduates, yang mencari informasi tentang volunteer, magang, kerja paruh waktu, sampai penuh waktu.

3. Jooble

Website ini menyediakan informasi lowongan kerja dan volunteer di Indonesia.

Jadi, dengan bahasan di atas tidak ada kata males-malesan lagi ya buat join volunteer mahasiswa. Semangat dan semoga ada jalan. Baca juga: Apa itu mahasiswa rantau?

Istilah Terkait