LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Saran dan Kesimpulan Laporan Praktikum

Kesimpulan Laporan Praktikum

Tidak banyak website yang membahas khusus mengenai bagaimana cara menulis saran dan kesimpulan laporan praktikum. Oleh karena itu, kali ini Kak Ambis bakal bahas ini dalam bahasan yang mudah dipahami dan ringkas. Bisa dibaca sekali duduk bahkan paling lama ya 2 menit saja.

Sebelum lanjut, Kak Ambis sudah bahas 2 hal penting dalam laporan praktikum, yaitu sebagai berikut.

Menurut Kak Ambis, kalian wajib baca dua artikel tersebut sebelum menyelesaikan artikel ini karena akan sangat membantu pola pikir dan alur kerja nantinya dalam penyusunan laporan praktikum.

Pengertian Kesimpulan Laporan

Kesimpulan dalam laporan merujuk pada bagian akhir dari sebuah laporan yang berisi ringkasan dan penilaian singkat terhadap temuan, hasil, atau informasi yang telah disajikan dalam laporan tersebut.

Tujuan dari kesimpulan praktikum, yaituuntuk memberikan gambaran menyeluruh tentang inti dari laporan dan menyoroti poin-poin penting yang relevan.

Apa Isi dari Kesimpulan Laporan Praktikum?

Kemudian ada pertanyaan baru muncul, apa sih isi dari kesimpulan itu? Biar tidak salah membuat kesimpulan pastikan memenuhi kriteria disini.

1. Menjawab Tujuan

Berdasarkan pengalaman Kak Ambis selama kuliah dan diajarin dosen, kesimpulan yang baik adalah kesimpulan yang bisa menjawab tujuan.

SOAL LPDP

Jawab saja tujuan yang ada dalam laporan praktikum yang kalian tulis. Jadi, kalau ada 3 tujuan praktikum maka kesimpulan ada 3 jawaban dari tujuan yang ada.

2. Evaluasi

Apabila sudah menjawab tujuan, evaluasilah dari pelaksanaan praktikum yang sudah dialukan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan dan diharapkan atau belum. Jawab singkat yang dimasukkan dalam kesimpulan.

Dua hal tersebut wajib ada untuk membuat kesimpulan laporan praktikum makin baik dan kuat akan konteks.

Contoh Kesimpulan Laporan Praktikum

Berikut contoh kesimpulan apabila memiliki 5 tujuan praktikum.

Contoh Kesimpulan Laporan Praktikum
Contoh Kesimpulan Laporan Praktikum

Saran Laporan Praktikum

Saran dalam laporan praktikum, merupakan pesan yang ditulis oleh praktikum terkait evaluasi yang sebaiknya diperbaiki dalam proses praktikum.

Dalam beberapa kasus, saran dapat mencakup rekomendasi atau saran tentang langkah-langkah yang diperlukan berdasarkan temuan dalam laporan. Rekomendasi ini dapat membantu pembaca laporan untuk mengambil tindakan yang tepat berdasarkan hasil yang telah disajikan.

Contoh Saran Laporan Praktikum

Berikut contoh saran yang membangun untuk pelaksanaan praktikum.

Contoh Saran Laporan Praktikum
Contoh Saran Laporan Praktikum

Itu saja yang bisa Kak Ambis jelaskan mengenai kesimpulan dan saran untuk praktikum mahasiswa. Jadi, ga perlu bingung lagi ya jika disuruh membuat kesimpulan yang baik, karena itu mudah banget. Baca juga artikel sebelumnya berjudul “Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum“.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait