LOGO BARU DUNIAKAMPUS

5 Kesan Pesan Untuk Asisten Praktikum (Aslab) yang Baik

Kesan Pesan Untuk Asisten Praktikum

Saat masa kuliah, khususnya yang masuk di jurusan-jurusan rumpun SAINTEK, pasti ada yang namanya praktikum. Nah, asisten praktikum ini biasanya dijalani oleh para mahasiswa yang sudah semester atas dan praktikkannya adalah mahasiswa semester bawahnya. Seperti apa contoh kesan pesan untuk asisten praktikum yang baik?

Yuk, simak berikut nih bagian-bagian yang bisa dijadikan pesan dan kesan yang membangun.

Contoh Kesan Pesan Untuk Asisten Praktikum

Ada 5 pesan yang bisa disampaikan kepada mereka para asisten praktikum. Nah, untuk kalimat yang digunakan bisa sekreatif mungkin ya kepada asisten.

1. Asisten Jangan Takut untuk Bertanya

Sebagai asisten praktikum, jangan sampai takut untuk menanyakan kepada praktikkan mengenai pemahaman yang sudah dipraktikkan. Sebab, tanpa menanyakan kepada praktikkan sama saja meninggalkan tugas yang diemban.

Contoh pesan

Dalam penyampaikan materi, asisten sudah menjelaskan secara lengkap sesuai buku panduan praktikum. Namun, alangkah lebih baiknya asisten juga menanyakan masing-masing bagian yang penting dalam praktikum kepada praktikkan untuk memastikan apakah praktikkan sudah paham atau belum sekaligus untuk interaksi aktif.

2. Bersikap sabar

Kadang kala dan bahkan kebanyakan mahasiswa itu memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Jadi, tanyakan kepada mereka sudah paham atau belum. Jika belum, ajari dan bimbing sampai paham.

SOAL LPDP

Contoh pesan

Selama ini saya terkesan dengan penjelasan dan kesabaran Kak Refina terkait praktikum ini. Namun, mungkin untuk kecepatan ngomongnya bisa agak diturunkan supaya biar lebih mudah dipahami lagi, hehe.

Baca juga: 5 Contoh Kritik dan Saran Untuk Dosen yang Membangun

3. Berikan Umpan Balik yang Membangun

Setiap mahasiswa membutuhkan umpan balik yang membangunf dan berguna. Jadi, pastikan bahwa umpan balik yang diberikan dapat membantu praktikkan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka.

Contoh Pesan

Penjelasan dalam praktikum sangat mudah dipahami. Bisa lebih baik lagi apabila dikaitkan dengan dunia nyata yang dekat dengan kita sehingga ada bayangan skala yang lebih besar.

4. Jangan Lupa untuk Memotivasi

Dalam beberapa kasus, mahasiswa mungkin merasa putus asa atau tidak percaya diri dalam melakukan tugas praktikum mereka. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan motivasi kepada mereka dan membantu mereka mengembangkan kepercayaan diri mereka.

Contoh Pesan

Makasih banyak Kak Berika, sudah memberikan motivasi terkait cerita alumni yang bisa kerja di mana-mana hanya dengan memahami konsep-konsep dasarnya. Jangan lupa buat jaga semangat ya buat Kakak.

5. Selalu Jaga Profesionalisme

Pastikan bahwa selalu menjaga profesionalisme seperti mematuhi jadwal, menjaga kerahasiaan data mahasiswa, dan berperilaku sopan dan ramah.

Contoh Pesan

Kak, sebelumnya saya mohon maaf memberikan pesan yang sedikit berlebihan. Menurut saya, Kak … sedikit kurang profesional sebab kebanyakan becanda saat praktikum dan akhirnya fokusnya bukan di materi praktikumnya malah ganti ke main-main dan ngobrol. Mungkin lain kali bisa sedikit dikurangi terkait becandanya supaya praktikum juga bisa lebih fokus dan paham mengenai yang diajarkan.

Nah, itulah 5 contoh kesan dan pesan untuk asisten praktikum di perkuliahan. Semoga pembahasan ini bermanfaat ya. Baca juga artikel penting lainnya sebagai berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait