LOGO BARU DUNIAKAMPUS

5 Contoh Kritik dan Saran Untuk Dosen yang Membangun

kritik dan saran untuk dosen

Diakhir semester dan pembelajaran, sebagai mahasiswa diberi form untuk menyampaikan kritik dan saran untuk dosen. Nah, pada kesempatan inilah sebenarnya pihak kampus baik itu tingkat jurusan maupun fakultas ingin memperbaiki proses pembelajarannya dari sudut pandang mahasiswa.

Artinya, kampus tetap menilai kinerja dosen dari penilaian mahasiswa. Bahkan nih, kalau nilainya jelek maka dosen juga tidak akan mendapatkan bonus kinerja karena kinerjanya tidak baik (jika ada bonus).

Terus, bagaimana dong mahasiswa memberikan kritik dan saran yang bisa membangun dan tidak juga merugikan dosen yang sudah mengajar kita dengan baik? Yuk simak contoh berikut ini.

Contoh Kritik dan Saran

1. Penilaian Pengumpulan Tugas

Penilaian pertama yang bisa diberikan adalah terkait dengan dealine atau batas pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Kadang dosen seenaknya sendiri juga memberikan batas waktu tugas dan tanpa melihat kesibukan lainnya.

Contohnya untuk kritik dan saran sebagai berikut.

Kritik: Batas Pengumpulan Tugas sangat pendek jika hanya 3 hari.

Saran: Sebaiknya pengumpulan tugas minimal 1 minggu setelah diberikan tugas, supaya lebih maksimal hasilnya dan juga bisa fokus pada praktikum lain yang sudah ada.

SOAL LPDP

2. Penilaian Menjelaskan Materi

Kedua, materi biasanya disampaikan dosen dengan memaparkan melalaui PPT, nah ini bisa jadi ada yang efektif dan ada yang tidak.

Kritik: Untuk mata pelajaran matematika dasar ini, sebaiknya jangan hanya menjelaskan dalam PPT saja.
Saran: Bisa coret-coret di papan tulis supaya mahasiswa lebih mudah untuk memahaminya.

Kritik: Terlalu cepat penjelasannya
Saran: Bisa menanyakan ke mahasiswa apakah kecepatan atau tidak untuk tempo menjelaskan materinya.

3. Variasi Pembelajaran

Kritik: Penjelasan materi melalui PPT terkesan membosankan.
Saran: Bagaimana caranya dosen bisa menghadirkan teknik pembelajaran lain yang lebih asyik bagi mahasiswa. Misalnya, dengan menggunakan Quiz seperti KAhoot.

4. Kehadiran Dosen

Siapa nih, yang suka dengan dosen yang tepat waktu? Yaps, semuanya suka sebab tidak akan ada kuliah penggati jika dosennya tepat waktu dan tidak memotong liburan kita. Jika ada dosen yang sering telat atau ganti jam, bisa memberikan saran sebagai berikut.

Kritik dan saran: Sebaiknya apabila izin pindah jam jangan dadakan, lebih baik H-1 hari sudah dikabarkan.

5. Materi yang Disampaikan

Terkahir, terkait dengan materi. Kadang, ada dosen yang tidak pernah update mengenai materinya apalagi sekarang sudah banyak banget perkembangan di dunia kerja.

Kritik dan saran: sebaiknya dosen memberikan materi yang tidak hanya dasar tetapi juga mengikuti perkembangan zaman, supaya tidak sama terus setiap tahunnya padahal kata alumni materi di kuliah berbeda 180 derajat dengan dunia kerja. Mohon untuk diupdate materi …. (isi nama materinya)…

Nah, itu 5 contoh kritik dan saran untuk dosen mengajar di kelas mahasiswa. Yuk, saling membangun dan jangan menyalahkan saja. Kalau kita yang memang salah dan malas, jangan salahkan dosen. Sebab, tanggungan dosen itu sangat banyak sekali.

Baca artikel terkait lainnya berikut ini.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait