LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Isi Pendahuluan Laporan Praktikum [Bagian & Penjelasan]

Pendahuluan Laporan Praktikum

Apa saja isi pendahuluan laporan praktikum? Kak Ambis akan bahas lengkap mulai pengertian, isi dan penjelasan masing-masing bagian dalam pendahuluan laporan khususnya untuk laporan praktikum mahasiswa. Sebab, banyak yang mencari ini baik di Youtube maupun di Google. Jadi, supaya membantu pada akhirnya Kak Ambis menulis ini.

Sebelumnya, Kak Ambis juga sudah bahas mengenai format laporan praktikum mahasiswa, yang mana banyak juga yang email ke Ambis tentang ini. Jika belum baca, silakan baca dahulu ya.

Definisi

Pendahuluan laporan praktikum merupakan bagian yang penting karena berisi latar belakang dan tujuan dari praktikum yang dilakukan. Latar belakang menjelaskan konteks dan alasan mengapa praktikum tersebut dilakukan, seperti relevansinya dengan materi pembelajaran atau masalah yang ingin dipecahkan.

Sementara itu, tujuan praktikum menggambarkan apa yang ingin dicapai melalui praktikum, seperti pengamatan fenomena, pengujian hipotesis, atau pemahaman konsep. Melalui pendahuluan ini, pembaca akan memahami pentingnya praktikum dan apa yang akan dicapai melalui kegiatan tersebut.

Isi Pendahuluan Laporan Praktikum

Secara umum, pada pendahuluan laporan akan terdiri dari 3, yaitu latar belakang, tujuan praktikum dan manfaat praktikum.

  • 1.1 Latar Belakang
  • 1.2 Tujuan
  • 1.3 Manfaat

Mari kita bahas satu per satu.

1. Latar Belakang Praktikum

Praktikum merupakan suatu pembelajaran dengan mahasiswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Nah, hal yang harus dituliskan dalam latar belakang ini adalah masalah yang diangkat dari kenyataan yang berkaitan dengan topik praktikum yang akan dilaksanakan.

SOAL LPDP

Contoh Latar Belakang Praktikum

contoh latar belakang praktikum
Ilusutrasi contoh latar belakang praktikum 1
Ilsutrasi contoh latar belakang praktikum
Ilusutrasi contoh latar belakang praktikum 2

2. Tujuan Praktikum

Tujuan praktikum merupakan tujuan yang ingin dicapai ketika mahasiswa sudah menyelesaikan sebuah praktikum. Tujuan praktikum sudah diatur oleh pembuat modul (asisten praktikum dan dosen), sehingga mahasiswa hanya perlu memahami dan menulisnya.

Contoh Tujuan Praktikum

Contoh Tujuan Laporan Praktikum
Contoh Tujuan Laporan Praktikum

3. Manfaat Praktikum

Bagian yang terakhir dari laporan praktikum adalah manfaat. Manfaat ini merupakan dampak positif dari terlaksananya tujuan praktikum. Manfaat ini biasanya sih fokus ke mahasiswa.

Namun, tidak banyak kampus yang menggunakan manfaat praktikum ini sih. Jadi, Kak Ambis tidak bisa memberikan contohnya ya.

Itulah 3 isi utama yang ada dalam pendahuluan laporan praktikum yang baik dan benar. Semoga penjelasan Kak Ambis mudah dipahami. Kalau ada yang salah, bisa komentar ya biar Kak Ambis selalu update juga.

Baca juga artikel tentang praktikum mahasiwa lainnya berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait