LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Pembukaan Presentasi Laporan PKL: Cara dan Contoh

Pembukaan Presentasi Laporan PKL

Siapa nih yang sedang melakukan kerja praktik, prakerin, atau PKL baik SMK maupun yang sudah kuliah? Sebentar lagi kalian dihadapkan pada ujian prakerin yang mewajibkanmu untuk presentasi laporan PKL, kadang banyak yang bingung cara membuka presentasi ini.

Oleh karena itu, simak penjelasan langkah dan cara praktis pembukaan presentasi laporan PKL beserta dengan contoh dengan versi panjang dan singkatnya. Kak ambis bagikan ini supaya proses kalian lancar dan bisa mendapatkan yang terbaik ya.

Cara Membuka Presentasi Laporan PKL yang Baik

Simak nih langkah-langkah praktisnya. Lebih ke praktiknya ya. Dalam pembagian artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah penting untuk menciptakan pembukaan yang sukses.

Saat Kamu memulai presentasi laporan PKL atau Prakerin di SMK, penting untuk memiliki pembukaan yang efektif. Pembukaan yang baik akan membuat audiens tertarik dan merasa terhubung dengan presentasi Kamu.

1. Kenalkan Diri dan Latar Belakang PKL atau Prakerin

Langkah pertamamu dalam pembukaan presentasi adalah memperkenalkan diri Kamu. Sebutkan namamu, kelas atau jurusan, dan sekolah SMK Kamu.

Kemudian, ceritakan sedikit tentang latar belakang PKL atau Prakerin Kamu, seperti di mana Kamu melakukan PKL, berapa lama, dan bidang apa yang Kamu geluti.

2. Jelaskan Tujuan dan Sasaran PKL atau Prakerin

Setelah memperkenalkan diri, jelasakan tujuan dan sasaran PKL atau Prakerinmu. Mengapa Kamu memilih tempat tersebut? Apa yang ingin Kamu capai selama masa PKL atau Prakerin? Ini akan membantu audiens memahami konteks presentasi Kamu.

SOAL LPDP

3. Identifikasi Tema Utama Laporan PKL atau Prakerin

Selanjutnya, sebutkan tema utama atau topik yang akan Kamu bahas dalam laporan PKL atau Prakerin Kamu. Misalnya, jika Kamu melakukan PKL di sebuah perusahaan manufaktur, tema Kamu bisa berfokus pada proses produksi, manajemen persediaan, atau inovasi produk.

4. Jelaskan Struktur Presentasi

Beritahu audiens tentang bagaimana Kamu akan menyajikan laporan PKL atau Prakerinmu. Gambarkan secara singkat struktur presentasi, seperti berapa banyak bab atau bagian yang akan Kamu bahas, dan bagaimana Kamu akan mengorganisir informasi tersebut.

5. Bagikan Tantangan dan Pembelajaran Selama PKL atau Prakerin

Saat Kamu mendekati akhir pembukaan, ceritakan beberapa tantangan atau hambatan yang Kamu hadapi selama PKL atau Prakerin Kamu, serta apa yang Kamu pelajari dari pengalaman tersebut. Ini akan memberikan dimensi pribadi pada presentasi Kamu dan membuatnya lebih menarik.

6. Sampaikan Harapan Kamu Terhadap Audiens

Terakhir, sampaikan harapan Kamu terhadap audiens. Apakah Kamu berharap mereka akan mendapatkan wawasan baru? Apakah Kamu ingin mereka terinspirasi atau memiliki pemahaman yang lebih baik tentang industri atau bidang yang Kamu teliti? Jelaskan apa yang Kamu harapkan mereka dapatkan dari presentasi Kamu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dalam pembukaan presentasi laporan PKL atau Prakerin SMK Kamu, Kamu akan memastikan bahwa audiens Kamu memahami konteks, tujuan, dan harapan Kamu dengan jelas. Selain itu, mereka akan lebih terlibat dalam presentasi Kamu, membuatnya lebih efektif dan berkesan.

Contoh Pembukaan Sederhana

Selamat pagi/siang/sore yang terhormat,

Pertama-tama, izinkan saya menyampaikan salam hormat kepada seluruh hadirin yang telah hadir dalam acara ini. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk berbicara di hadapan audiens yang penuh kebijaksanaan.

Saya, [Nama Anda], dengan rendah hati berdiri di depan Anda hari ini untuk membagikan pengalaman berharga yang saya peroleh selama periode Praktik Kerja Lapangan di [Nama Perusahaan/Institusi]. Pengalaman ini telah memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya dalam dunia [Bidang Kerja].

Saya yakin bahwa laporan PKL ini akan memberikan wawasan yang bermanfaat dan akan menjadi refleksi dari dedikasi dan kerja keras yang telah saya sumbangkan selama masa PKL. Saya berharap agar presentasi saya hari ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan baru kepada Anda semua.

Terima kasih atas perhatian Anda.

Contoh Versi Singkat

Selamat pagi/siang/sore,

Saya [Nama Anda], dengan senang hati berbicara di hadapan Anda hari ini untuk berbagi pengalaman saya selama Praktik Kerja Lapangan di [Nama Perusahaan/Institusi].

Terima kasih atas kesempatan ini, dan saya harap laporan PKL saya akan memberikan wawasan yang bermanfaat.

Semoga artikel singkat dari kak Ambis di atas bermanfaat dan bisa dipraktikkan langsung ya. Oh iya, jangan lupa baca artikel relevan lainnya dari Kak Ambis berikut ya.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait