LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Apa Perbedaan Status Sebagai Mahasiswa dan Pelajar?

perbedaan status mahasiswa dan pelajar

Banyak yang bingung ternyata mengenai perbedaan status mahasiswa dan pelajar dan termasuk saya sendiri. Jadi, kali ini saya beri jawabannya yang lebih relevan dan biasanya banyak digunakan ketika kita memberikan informasi mengenai data diri yang dimasukkan dalam formulir pendaftaran atau hal lainnya.

Apa itu Siswa?

Kata siswa menurut KBBI diartikan sebagai murid yang khususnya untuk siswa jenjang Sekolah Dasar – SMA. Murid sendiri merupakan orang yang sedang belajar.

kbbi siswa
Ilustrasi arti siswa menurut KBBI. Foto: Webiste KBBI Kemdikbud

Apa itu Mahasiswa?

Arti Mahasiswa Menurut KBBI
Ilustrasi Arti Mahasiswa Menurut KBBI. Foto: Website KBBI kemdikbud

Mahasiswa menurut KBBI, diartikan sebagai murid atau orang yang belajar di perguran tinggi. Nah, definisi perguruan tinggi ini sangat banyak, mulai dari sekolah tinggi, institut, universitas dan bahkan akademi.

Perbedaan Status Mahasiswa dan Pelajar

Lanjut ke pembahasan utama. Apa sih bedanya mahasiwa dan pelajar? Sebenarnya sih secara makna, pelajar itu definisinya sangat luas, tidak terbatas siswa SD sampai SMA.

Bagian yang termasuk dalam pelajar, antara lain:

  • Siswa : pelajar tingkat sekolah (SD-SMA)
  • Mahasiswa: pelajar tingkat perguruan tinggi (akademi, institut, sekolah tinggi, universitas, politeknik)
  • Taruna : pelajar di lembaga kedinasan (Akpol, Akmil, AAU, dll)
  • Santri : pelajar pesantren
  • dsb.

Nah, karena biasanya ketika dalam pendaftaran atau membuat KTP dan sebagainya, pilihannya tidak ada siswa SMA. Oleh karena itu, jika kamu masih dalam jenjang SD – SMA maka isilah pekerjaan dengan “Sebagai Pelajar”.

Apabila kalian mahasiswa baik itu di taruna, universitas dan lainnya silakan isi “sebagai mahasiwa”. Sebab, umumnya sudah dikenal bahwa pelajar itu hanya berlaku untuk status SD-SMA saja.

SOAL LPDP

Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan menjawab permasalahan yang sedang kalian cari ya. Baca juga artikel tips kuliah berikut.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait