LOGO BARU DUNIAKAMPUS

3 Pengertian Subjek Penelitian Menurut Para Ahli

subjek penelitian menurut para ahli

Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, tidak dikenal dengan populasi dan sampel seperti dalam penelitian kuantitatif karena penelitian berangkat dari kasus keberadaan individu atau kelompok dalam situasi soaial tertentu dan hasilnya hanya berlaku pada situasi sosial itu. Oleh karena itu, dikenalah akhir yang disebut dengan subjek penelitian.

Subjek penelitian menjadi bagian penting dalam penelitian kualitatif untuk mendapatkan sebuah data yang akan diolah oleh peneliti untuk menjawab sebuah hipotesis yang sengaja dibuat oleh peneliti.

Pahami dahulu mengenai pengertian subjek penelitian menurut para ahli berikut ini.

1. Moleong

Menurut Moleong (2010), subjek penelitian merupakan informan yang dimanfaatkan oleh peneliti untuk memberikan informasi mengenai situasi dan kondisi tempat penelitian.

Artinya, subjek ini sangat ahli atau memang berada dalam tempat penelitian tersebut sehingga jawaban atau opini yang disampaikan sangat memengaruhi hasil penelitian si peneliti.

2. Moeliono

Menurut Moeliono (1993), hampir sama dengan meleong, mengartikan subjek penelitian sebagai orang yang diamati sebagai sasaran penelitian. Jadi, individu yang diteliti ini memang sasaran penelitian yang telah ditentukan oleh peneliti.

3. Arikunto

Menurut Arikunto (2016), subjek penelitian adalah memberi batasan subjek penelitian sebagai benda, hal atau orang tempat data untuk variabel penelitian melekat, dan yang dipermasalahkan.

SOAL LPDP

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian subjek penelitian menurut para ahli. Dengan memahami pengertian, kedepan tidak terjadi salah dalam mendefinisikan subjek penelitian ini.

Baca juga artikel sebelumnya

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait