DUNIAKAMPUS

3 Sumber Penelitian Sejarah yang Bisa Digunakan

Apabila ingin melakukan penelitian sejarah, perhatikan mengenai 3 sumber sejarah berikut ini supaya bisa memaksimalkan hasil penelitian. Secara umum, sumber penelitian sejarah, yaitu sumber lisan, sumber tulisan dan sumber benda.

Untuk memahaminya, pahami penjelasan singkat masing-masing sumber beserta dengan contoh yang sesuai.

Sumber Penelitian Sejarah

Adapun sumber-sumber yang biasa digunakan dalam penelitian sejarah, yaitu sebagai berikut.

1. Sumber Lisan

Sumber lisan dalam penelitian sejarah, yaitu sumber informasi yang berasal dari cerita atau hasil wawancara kepada orang yang terlibat langsung dalam peristiwa bersejarah yang sedang diteliti. Contohnya, wawancara kepada orang yang bersangkutan langsung, saudara, anak dan juga bahkan bisa tetangga apabila masuk dalam kriteria.

2. Sumber Tulisan

Sumber yang kedua, yaitu sumber tulisan. Sumber tulisan ini bisa banyak sekali bentuknya, mulai dari arsip negara atau arsip penting, dokumen perjanjiang, piagam, prasasti, berita di surat kabar bahkan laporan yang telah dibuat.

3. Sumber Benda

Terkahir, yaitu sumber benda. Sumber benda ini biasanya dijadikan sebagai alat pendukung yang kuat dalam penelitian sejarah sebab dengan adanya benda inilah kadang penelitian yang sudah sangat lama bisa diketahui waktu terjadinya dengan pengukuran dari umur benda dan lapisan tanah yang ada.

Contoh sumber benda, yaitu bangunan, senjata, perkakas, patung, candi, serta perhiasan.

Nah, itulah ketiga sumber yang bisa dijadikan acuan untuk menyusun sebuah penelitian sejarah yang baik, terstruktur serta sistematis sehingga bisa dinikmati dan juga dipahami dengan akal sehat secara logis.

Apabila ingin mengetahui informasi dan pembahasan masalah skirpsi atau penelitian ilmiah, kalian bisa baca pada kumpulan artikel topik penelitian mahasiswa.

Artikel Terkait Lainnya

Share Artikel ini
WhatsApp
Twitter
Telegram
Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe To Our Newsletter

Ingin dapat update informasi Tentang Skripsi, Tips Beasiswa, PKM dan PIMNAS dan Lainnya? Subscribe aja.

*Dengan memasukkan email Anda, Anda setuju untuk menerima email Duniakampus.com, termasuk email pemasaran, dan menyetujui Syarat & Ketentuan kami.