LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Alasan Memilih Divisi Kaderisasi, Pasti Ingin Gabung!

alasan memilih divisi kaderisasi

Divisi paling diminati oleh mahasiswa, yaituu divisi kaderisasi. Berikut alasan memilih divisi kaderisasi yang bikin kamu ingin gabung dan berkarya dalam divisi kaderisasi ini.

Langsung tanpa basa-basi deh langsung saja kita bahas mulai definisi sampai alasan kenapa harus gabung divisi kaderisasi ini.

Apa itu Divisi Kaderisasi?

Divisi kaderisasi ada juga yang menyebutkan pengkaderan merupakan divisi yang mengurusi setiap kegiatan yang berurusan SDM dari organisasi. Nah, kadang juga ada yang menyebutkan PSDM. Tergantung penggunaan nama setiap organisasinya.

Tugas Divisi Kaderisasi

Berikut ini beberapa tugas dan program kerja divisi kaderisasai secara umum. Tiap organisasi mahasiswa berbeda-beda ya.

  1. Melaksanakan proses kaderisasi himpunan/organisasi.
  2. Mengelola SDM yang ada dalam organisasi untuk kemajuan bersama.
  3. Membuat alur kaderisasi yang baik untuk organisasi.
  4. Melakukan upgrading secara rutin untuk setiap divisi dan setiap personal anggota.
  5. Membuat data rekomendasi nama yang berpotensi menjadi pengurus.
  6. dan masih banyak lagi.

Alasan Memilih Divisi Kaderisasi Organisasi

Ada banyak banget alasan mengapa sebaiknya masuk kaderisai ini. Tapi, pastinya tidak bisa Kak Ambis jelaskan satu per satu sih.

1. Mengelola Tim

Ada salah satu program yang biasanya ada di setiap organisasi, yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa. Entah namanya apa ya, tapi dengan adanya awalan LDK ini, biasanya yang paling banyak berperan dalah divisi kaderisasai. Sebab, divisi inilah yang biasanya akan ploting mahasiswa yang sebaiknya masuk atau tidak dalam organisasi.

2. Suka Upgrade Skill

Paling kepo dan paling suka dengan tantangan. Inilah sifat dari kaderisasi yang merupakan karakter untuk bisa lebih dulu daripada yang lain dan memberikan penilaian. Jika baik, maka bisa banget untuk diterapkan di dalam organisasi supaya lebih baik kedepannya.

SOAL LPDP

Organisasi yang baik adalah yang SDM-nya baik juga. Proker yang berjalan dengan baik pasti dilakukan oleh SDM yang berkualitas juga. Itulah peran penting divisi yang satu ini.

3. Problem Solver

Jika kamu suka dan sering menyelesaikan masalah antar kepentingan orang, maka divisi ini mungkin sangat cocok untuk kamu. Biasanya dalam organisasi tidak jauh dari yang namanya konflik. Konflik ini dibutuhkan malahan supaya organisasi bisa berkembangan.

Bagaikan rumah tangga, jika tidak ada konflik bisa jadi itu ada masalah. Nah, karena tidak tau masalahnya malah jadi tidak terselesaikan dengan baik. Proker akhirnya mangkrak dan lain sebagainya.

Itulah 3 karakter dan alasan memilih divisi kaderisasi bagi yang mau masuk di divisi ini ataupun saat wawancara, kalian bisa menyebutkan salah satu dari ketiga alasan di atas. Semoga bermanfaat yakkk Sobat Ambis.

Baca Artikel Terkait Ini

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait