LOGO BARU DUNIAKAMPUS

JARANG TAU: 3 Alasan Memilih Divisi Kewirausahaan

Alasan Memilih Divisi Kewirausahaan

Siapa disini yang pengen masuk ke divisi kewirausahaan sebuah lembaha atau organisasi mahasiswa ni? Nah, jika kalian berminat besar, banyak banget keuntungan kalau kalian masuk kedalam divisi ini yang akan dibahas dalam artikel singat ini pastinya. Sebab, artikel ini khusus membahas mengenai alasan memilih divisi kewirausahaan.

Sebelum lanjut ke alasan memilih jurusan ini, alangkah lebih baik lagi jika tau tugas dan program kerjanya.’

Tugas Divisi Kewirausahaan

Ada beberapa tugas yang diemban staff dan seluruh anggota divisi ini, antara lain sebagai berikut.

  1. Menumbuhkembangkan budaya entrepreneurship kepada mahasiswa jurusan yang satu himpunan.
  2. Mendirikan usaha mandiri, tujuannya sebagai pemasukan secara pasti dari internal untuk keberlangsungan organisasi yang lebih solid lagi.
  3. Meningkatkan softskill di bidang entrepreneurship.
  4. Berkolaborasi dengan departmen lainnya untuk membentuk anggota menjadi lebih mandiri dan realistis.

Alasan Memilih Divisi Kewirausahaan

Kemudian, pas wawancara dan seleksi masuk divisi pasti pernah dong ditanya alasan memilih divisi ini. Nah, untuk memudahkan menjawabnya, kalian bisa banget pahami benefit ketika nanti masuk di dalam divisi kewirausahaan. Jadi, jawabanmu akan lebih riil dan sesuai kondisi lapangan.

1. Mengasah Skill Manajemen Bisnis

Alasan pertama yang bisa dipakai adalah ingin mengasah skill bisnis yang sudah dimiliki untuk diterapkan di organisasi baru. Artinya, kalau kalian pernah berbisnis, minimal jualan maka bisa mengembangkan jualan tersebut menjadi bisnis yang tidak hanya jualan tetapi juga bisa membuat ekosistem baik di organisasi.

Nah, dalam kenyataannya, karena akses mahasiswa ke mitra lebih mudah dan lebih diterima, kalian manfaatkan ini untuk mencari relasi. Dampak baiknya, kalian kalau sudah tidak di organisasi itu, masih bisa mendapatkan keuntungan relasi ini.2

2. Ingin Lomba Kewirausahaan

Selain mengasah untuk berbisnis secara mandiri, ternyata banyak sekali ajang untuk lomba bisnis ini seperti bisnis plan atau misalnya PKM kewirausahaan. Nah, dengan ikut seperti itu, ketika nanti memiliki bisnis yang sudah skala besar sendiri, bisa banget untuk dijadikan pembelajaran waktu mencari pendanaan untuk start-up misalnya.

SOAL LPDP

3. Upgrade Soft Skill dan Hard Skill

Terkahir, bisnis adalah tempatnya untuk menempa mental. Apalagi dunia kerja sangat keras. Jadi, minimal sudah tau lah kondisi perbisnisan sehingga nanti ketika sudah terjun ke dunia kerja bisa netral dan gak kelabakan.

Nah, skill harus diasah mumpung punya kesempatan disini baik soft maupun hard skill.

Gimana? ini baru 3 alasan saja. Padahal masih banyak lagi benefit yang bakal kalian dapatkan ketika kamu bisa berkembang dan inisiatif di dalam divisi ini.

Artikel Terkait Alasan Memilih Divisi

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait