DUNIAKAMPUS

Ciri-Ciri dan Cara Membuat Kesimpulan Skripsi yang Baik

Setiap karya tulis terutama karya tulis ilmiah, harus memiliki kesimpulan. Hal ini bertujuan supaya pembaca tidak kebingungan dengan karya yang sedang dibacanya. Namun, bagi para mahasiswa yang sedang skripsi menjadi hal yang kadang sulit. Santai, kali ini Kak Ambis akan bahas mengenai cara membuat kesimpulan skripsi yang mudah dan bisa banget dipraktikkan.

Apa itu Kesimpulan?

Menurut KBBI, kesimpulan merupakan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dan ditulis secara singkat sesuai dengan tujuan atau hipotesis yang diangkat sejak awal pembahasan.

Ciri-Ciri Kesimpulan Skripsi yang Baik

Ternyata membuat kesimulan itu tidak boleh sembarangan, artinya ada koridor atau kriteria yang harus diperhatikan supaya kesimpulan yang dibuat bisa mewakili isi dari karya tulis yang ada dan bagus juga.

Berikut ciri kesimpulan yang baik.

  1. Mengungkap kembali argumen penelitian, tetapi boleh menggunakan kalimat yang sama persis.
  2. Sebut topik penelitian kembali, tetapi tidak dengan kalimat yang sama.
  3. Bisa masukkan opini untuk menjawab tujuan, pastikan opini sudah dibahas dan ada landasannya di dalam laporan skripsi.
  4. Memakai kata transisi ringkasan. Misalnya “dengan kata lain, singkatnya, ringkasannya, kesimpulannya, dan karena itu”.
  5. Paling penting, menjawab tujuan penelitian dan hipotesis yang diangkat dalam skripsi. Jangan sampai tujuan dan kesimpulan tidak sinkron. Tujuan meneliti adalah membuktikan atau menemukan jawaban dari tujuan yang telah diajukan. Jika da 3 tujuan, maka kesimpulan harus menjawab 3 tujuan tersebut secara jelas.

Cara Membuat Kesimpulan

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit

Ada beberapa langkah yang bisa digunakan supaya memudahkan dalam membuat kesimpulan yang baik.

  1. Melihat Tujuan Skripsi

    Lihat dan baca tujuan penelitian yang telah kita ajukan dalam skripsi pastikan jumlah dan konteks dari tujuan memang sudah paham supaya bisa menjawab dengan baik.

  2. Menjawab Tujuan Skripsi

    Kedua, jawablah secara jelas berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam skripsi masing-masing tujuan skripsi.

    Contoh:
    Tujuan 1 : Mengetahui pengaruh kualitas produk hilbab merek Zoya terhadap keputusan pembelian.

    Kesimpulan 1 : Dari hasil pengujian hipotesis penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian jilbab merek Zoya. Artinya semakin baik kualitas produk yang diberikan oleh jilbab merek Zoya maka akan semakin banyak konsumen yang melakukan keputusan pembelian.

  3. Jawab juga hipotesis

    Selain tujuan, biasanya ada juga membawakan narasi hipotesis yang sejak awal sudah didiagnosa oleh penulis atau peneliti. Jika peneliti sudah memperkirakan hasilnya, maka ini disebut dengan hipotesis dan harus dibuktikan dengan analisis statistik serta dijawab dalam kesimpulan.

  4. Terakhir, Singkat!

    Kesimpulan adalah bagian paling singkat dibandingkan semua bagian pada laporan skripsi. Jadi, jawab saja tujuan yang telah dibuat dengan singkat dan hasil akhir sebagai pendukung jawabannya (apabila ada perhitungan statistiknya).

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai kesimpulan skripsi yang baik beserta dengan cara membuatnya. Poin yang ingin Kak Ambis sampaikan adalah “Buatlah Kesimpulan yang Menjawab Tujuan Penelitian Skripsimu jangan sampai lari dari kata itu.

Setelah membuat kesimpulan, maka dilanjut dengan membuat saran dalam bagian penutup laporan skripsi. Yuk baca artikel penting yang berjudul “Contoh dan Cara Membuat Saran Skripsi“.

FAQ Mengenai Kesimpulan Skripsi

Apa itu Kesimpulan Skripsi?

Kesimpulan merupakan keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif dan ditulis secara singkat sesuai dengan tujuan penelitian skripsi.

Bagaimana kesimpulan skripsi yang baik dan benar?

“Buatlah Kesimpulan yang Menjawab Tujuan Penelitian Skripsimu jangan sampai lari dari kalimat tersebut.

Contoh kesimpulan skripsi?

Kesimpulan skripsi sudah dibahas dalam artikel ini, yaitu dicontohkan pada skripsi tentang pemasaran dengan produk Jilbab yang dihubungkan dengan kualitas dan keputusan pembelian konsumen. Silakan baca sendiri ya.

Apabila ingin lebih tau banyak mengenai penyusunan laporan skripsi beserta tips dan trik supaya lebih cepat menyelesaikannya, bisa langsung cek pada Topik Laporan Skripsi.

Share Artikel ini
WhatsApp
Twitter
Telegram
Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Subscribe To Our Newsletter

Ingin dapat update informasi Tentang Skripsi, Tips Beasiswa, PKM dan PIMNAS dan Lainnya? Subscribe aja.

*Dengan memasukkan email Anda, Anda setuju untuk menerima email Duniakampus.com, termasuk email pemasaran, dan menyetujui Syarat & Ketentuan kami.