LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Langkah Membuat Resume Tugas Kuliah: Ringkas dan Lengkap

Langkah Membuat Resume Tugas Kuliah

Untuk membuat resume tugas kuliah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut yang akan Kak Ambis jelaskan dalam artikel ini. Tidak seperti kebanyakan artikel di website lainnya, disini Kak Ambis akan jelaskan langsung secara singkat supaya memang langsung bahasan pokok saja.

Cara membuat resume atau rangkuman tugas kuliah

1. Baca tugas dengan seksama

Baca tugas yang diberikan oleh dosen atau pengajar dengan seksama. Pastikan kamu memahami tugas tersebut dengan baik. Ada banyak jenis tugas yang akan diberikan, ada yang disuruh membaca materi, membaca buku, membaca jurnal atau membaca makalah.

Jadi, sesuaikan dengan tugas yang diberikan oleh dosen. Jangan gegabah dengan ikut-ikutan orang lain. Fokus saja dengan diri sendiri dulu untuk memerhatikan tugas yang diberikan.

2. Pahami gagasan utama

Setelah membaca tugas, pahami gagasan utama yang ingin disampaikan oleh dosen atau pengajar. Gagasan utama biasanya terdapat pada bagian awal atau akhir tugas.

Disini fokusmu adalah memerhatikan apa yang diinginkan dosenmu dengan membuat resume tersebut. Maksimalkan apa yang diinginkan dosenmu supaya bisa maksimal juga nilai tugas resume kuliah ini.

Banyak mahasiswa yang asal resume saja, padahal kadang dosen memberikan clue supaya dimaksimalkan untuk bagian-bagian tertentu.

3. Tentukan informasi penting

Setelah memahami gagasan utama, tentukan informasi penting yang ingin kamu sampaikan dalam resume. Informasi penting ini harus relevan dengan gagasan utama.

4. Susun kerangka resume tugas kuliah

Setelah menentukan informasi penting, susun resume dengan menggunakan kalimat yang singkat dan jelas. Pastikan resume yang kamu buat mudah dipahami oleh pembaca, yaitu dosenmu. Jangan bertele-tele dan panjang alias mbulet dalam membuat resume.

SOAL LPDP

Bahkan kalau bisa, buat poin-poin penting yang akan kamu resume menjadi sebuah kerangka. Kemudian, lanjut kembangkan isinya sesuai dengan bacaan yang diberikan entah jurnal atau buku.

5. Periksa kembali resume yang telah ditulis

Sebelum menyerahkan resume, pastikan kamu telah memeriksa kembali resume yang kamu buat. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau informasi yang kurang relevan.

Oh iya, jangan lupa juga buat memberikan kesimpulan singkat dari yang kamu tulis. Bahkan saran Kak Ambis, berikan juga keterkaitan antara tugas resume dengan mata kuliah yang diampu supaya kamu dinilai memang paham yang ditulis dan paham juga tujuan dosen memberikan tugas resume tersebut.

Jadi, kalau ingin membuat resume tugas kuliah yang bagus dan menarik, terapkan lima langkah di atas dengan baik dan urut. Pasti dapat nilai A untuk tugas tersebut.

Biasanya ya, kalau udah resume, minggu depannya disuruh presentasi hasil resume tersebut di depan kelas. Pahami juga mengenai presentasi, salah satunya Panduan Cara Memulai Presentasi.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait