LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Panduan Cara Memulai Presentasi: 6 Langkah Utama

6 Langkah Panduan Memulai Presentasi

Membuka presentasi memang terlihat mudah, tapi akan lebih lancar jika tau mengenai panduan cara memulai presentasi ini. Sebab apa? Sebab, persiapan yang baik, pembukaan yang memukau dan kelengkapan yang tepat bisa membuat presentasi menjadi lebih lancar.

Nah, berikut kak Ambis akan jelaskan minimal 6 persiapan ini dan panduan cara memulai presentasi dan apa yang harus disiapkan supaya bisa makin pede, selesai dengan baik juga.

Cerdik dalam Menentukan topik

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menentukan topik presentasi. Pilihlah topik yang relevan dengan audiensmu dan yang kamu kuasai dengan baik. Lakukan riset dan kumpulkan data untuk topikmu.

Apabila memang topk sudah ditentukan, maka carilah sudut pandang dan pembawaan yang cocok dengan pendengarmu. Kalau audiensnya nanti tidak mendengarkan, suasana akan sangat menggangumu.

Pahami Audiens yang Mendengarkan

Memahami audiens adalah salah satu persiapan sebelum presentasi yang sangat penting. Tanpa mengerti siapa yang akan menjadi pendengarmu, akan sulit untuk merancang presentasi yang dapat dimengerti dengan baik.

Lakukan riset mengenai audiensmu dan tingkat pemahaman mereka tentang topik yang dibawakan. Minimal ya, tau lawakan yang relevan biar bisa saling interkasi.

Memiliki Outline Presentasi yang Jelas

Setelah menentukan topik dan memahami audiens, persiapan untuk presentasi selanjutnya adalah membuat outline-nya.

SOAL LPDP

Outline akan sangat membantumu untuk menyusun presentasi yang terstruktur. Dengan outline, kamu bisa dengan mudah mengatur bagaimana tahap-tahap penjelasan topik saat presentasi.

Kebanyakan sih asal presentas, bahkan tidak mau membuat slde presentasinya, pasti ya bakal ga menarik dan kayak tidak memahami konteks dari presentasi.

Buat Isi Presentasi Singkat bukan Teks Bacaan yang Di-copas

Saat outline presentasimu sudah jadi, mulailah mengisi kontennya. Usahakan untuk membuat konten presentasi yang singkat, padat, jelas, dan menarik. Jangan memadatkan terlalu banyak contoh atau data agar audiens tidak merasa bingung dan menjadi kurang fokus.

Buat Desain Presentasi yang Tidak Monoton

Membuat desain slide adalah bagian dari persiapan presentasi. Kamu bisa membuat desain sekreatif mungkin, tetapi jangan berlebihan.

Tidak harus warna-warni dan banyak orname, tetapi bisa mewakilkan sebuah tulisan atau paragraf dalam bentuk gambar. Judul atau sub judul bisa diganti lebih menarik dengan bantuan icon-icon supaya representatif.

Lakukan 3 kali latihan

Terakhir, latihanlah presentasimu sebanyak mungkin agar kamu lebih percaya diri saat mempresentasikan materi di depan audiens.

Semoga panduan ini membantumu dalam presentasi di depan kelas, presentasi di depan dosen atau bahkan juga dalam mengisi sebuah acara. Sebenanrya, asalkan kamu menguasai materinya, akan nyaman dalam membawakannya. Tidak akan ragu lagi dan bisa tau ketika audiens mulai bosan, kamu harus ngapain.

Lengkapi presentasimu dengan beberapa artikel berikut, supaya bisa lebih memukau lagi ya.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait