LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Tri Dharma Mahasiswa, Bagian Penting Perguruan Tinggi

Tri Dharma Mahasiswa

Biasanya, kita hanya mendengar mengenai Tri Dharma Perguruan tinggi. Bagaimana dengan tri dharma mahasiswa? Pahami ini yuk! Sebab mahasiswa juga memiliki peran penting dalam membangun kewajiban untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Apa saja Tri Dharma Mahasiwa?

Sebenarnya, tidak ada bedanya antara tri dharma perguruan tinggi dengan mahasiswa. Sebab, adanya tri dharma ini harus bisa diwujudkan oleh semua pihak (civitas akademika) sebuah kampus.

Tri Dharma Mahasiswa

  • Pendidikan. Pendidikan. Usaha yang sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran agar peserta didik aktif dan bisa mengembangkan potensi yang dimiliki diri mahasiswa baik itu kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan pribadi.

    Artinya, jika dosen dan kampus fokus untuk pengajaran, maka mahasiswa harus mendukung untuk proses pengajaran yang dilakukan oleh dosen berjalan dengan baik, sehingga pendidikan berjalan dengan baik. Indikatornya, bisa lulus mata kuliah yang diambil dan mendapatkan nilai yang baik.

  • Penelitian. Kedua, mahasiswa diharapkan bisa berperan penting dan aktif untuk mewujudkan penelitian sendiri. Penelitian tidak hanya dibebankan kepada para dosen, tetapi mahasiswa juga harus bisa melakukan penelitian ini.

    Ada banyak bentuk penelitian, misalnya melalui tugas kuliah, penelitian lomba, skripsi, PKM (pekan kreativitas mahasiswa) dan lain sebagainya.

  • Pengabdian Masyarakat. Terakhir, dengan adanya pendidikan dan penelitian yang telah dilakukan mahasiswa, maka peran tri dharma mahasiswa yang terakhir adalah implementasi langsung di masyarakat dengan terjun langsung di masyarakat.

    Program yang bisa diikuti oleh mahasiswa misalnya seperti KKN, Magang, atau kegiatan lainnya. Bahkan PKM pun ada bidang pengabdian masyarakat, hal ini bertujuan supaya mahasiswa juga bisa berperan penting untuk terwujudnya tri dharma perguruan tinggi.

Itulah penjelasan mengenai Tri Dharma yang fokusnya untuk mahasiswa, sehingga dengan adanya sinergi antara mahasiswa, dosen, tendik dan kampus semua kegiatan bisa menerapkan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan gambaran yang mudah ya. Baca artikel terkait lainnya yuk!

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait