LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Alasan Memilih Divisi Ticketing dalam Acara, Baca Secara Teliti

Alasan Memilih Divisi Ticketing

Beberapa alasan memilih divisi ticketing dalam acara beserta dengan beberapa contoh pengalaman kerja divisi ticketing yang mungkin dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai alasan-alasan yang akan Kak Ambis sampaikan.

1. Dampak Terhadap Peluang Karier

Seorang mahasiswa yang tertarik pada industri hiburan dan perjalanan dapat mempertimbangkan untuk bergabung dengan divisi ticketing di suatu perusahaan penyelenggara acara.

Sebagai contoh yang bisa Kak Ambis sampaikan adalah, misalnya di PT Rajawali Indonesia Communication and Broadcasting (RICOB) membuka lowongan kerja untuk posisi Ticketing Officer. Dalam posisi ini, seorang Ticketing Officer bertanggung jawab untuk mengelola penjualan tiket, memastikan ketersediaan tiket, dan menyediakan informasi terkait acara kepada pelanggan.

Jadi, kalau mau melamar pekerjaan, khusus seperti di atas, silakan cermati tugasnya ya. Nah, kalau bisa manfaatkan masa kuliahmu juga untuk mencari duit dan pengalaman.

2. Peran Kerja Sama

Divisi ticketing memainkan peran penting dalam kerja sama antar divisi dalam suatu acara. Pendapatan utama untuk kesuksesan acara salah satunya adalah dari hasil kerjasama dan pembelian tiket.

Sebagai contoh, pada acara Java Jazz Festival 2022, divisi ticketing bekerja sama dengan divisi marketing untuk mempromosikan acara dan meningkatkan penjualan tiket. Selain itu, divisi ticketing juga bekerja sama dengan divisi teknis untuk memastikan sistem pemesanan tiket berjalan dengan lancar.

3. Klasifikasi Keluhan

Dalam satu platform aplikasi ticketing, perusahaan dapat mengelompokkan keluhan dan pertanyaan pelanggan serta memprioritaskan tiket yang masuk.

SOAL LPDP

Sebagai contoh, aplikasi ticketing Tiket.com memiliki fitur Help Center yang memungkinkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau keluhan terkait pemesanan tiket. Setelah pelanggan mengajukan pertanyaan atau keluhan, sistem akan secara otomatis membuat tiket dan menugaskan agen customer service untuk menangani kasus tersebut.

4. Proses Tanggung Jawab

Divisi ticketing bertugas merancang konsep, rundown acara, hingga teknisnya. Sebagai contoh, pada acara Konser Amal Peduli Kasih 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (KAKI), divisi ticketing bertanggung jawab untuk merancang konsep pemesanan tiket online.

Selain itu, divisi ticketing juga bertanggung jawab untuk merancang rundown acara dan menentukan teknis pemesanan tiket.

5. Pengalaman Pelanggan

Dengan menggunakan aplikasi ticketing, perusahaan dapat menentukan cara merespon yang terbaik untuk setiap kasus yang dialami pelanggan. Sebagai soerang yang masuk ke divisi ticketing, harus paham ini dan juga harus bisa menjelaskan ini kepada penggunaan.

Sebagai contoh, aplikasi ticketing GoTix memiliki fitur Customer Service yang memungkinkan pelanggan untuk mengajukan pertanyaan atau keluhan terkait pemesanan tiket. Setelah pelanggan mengajukan pertanyaan atau keluhan, agen customer service akan memberikan respon yang cepat dan tepat melalui aplikasi tersebut.

Itu aja yang bisa Kak Ambis sampaikan dan sedikit jelaskan contohnya juga. Jadi, divisi ini bukan hanya untuk acara kampus ya tetapi juga bisa untuk mencari kerjaan yang menghasilkan uang juga. Semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Artikel Terkait