LOGO BARU DUNIAKAMPUS

[Panduan] 7 Cara Dapat Beasiswa Kuliah, Update!

cara dapat beasiswa kuliah

Beasiswa kuliah gratis tentunya sangat diincar oleh mahasiswa. Banyak yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut karena hal tersebut dapat memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan studinya tanpa memikirkan biaya.

Langkah Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis bagi mahasiswa dengan gaya bahasa anak muda.

1. Menguasai Bahasa Asing dengan Baik

Menguasai bahasa asing menjadi salah satu kunci utama untuk Kalian yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Bahasa Inggris dan Mandarin menjadi bahasa internasional yang wajib dikuasai oleh mahasiswa. Tapi ya tergantung juga ya sama beasiswa yang di lamar. Tapi, biasanya wajib bisa bahasa inggris sebab bahasa internasional.

Selain itu, untuk kuliah di negara Jepang, mahasiswa juga harus mahir berbahasa Jepang yang dibuktikan dengan mengikuti tes bahasa Jepang (JLPT) dan tes kemampuan berbahasa seperti TOEFL, IELTS, dan JLPT. Kampus tujuan biasanya mensyaratkan skor minimal untuk uji kompetensi berbahasa agar mahasiswa bisa mendaftar beasiswa kuliah.

2. Mempunyai Riwayat Prestasi

Kedua, kalian harus mengumpulkan riwayat nilai dan prestasi yang baik baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Dengan selalu meraih predikat dan prestasi yang memuaskan, maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar. Beberapa kampus tertentu mensyaratkan para calon pendaftar beasiswa melampirkan bukti prestasi akademik dan non-akademik yang telah dicapai selama ini.

Beberapa hal yang bisa disiapkanuntuk prestasi, biasanya mensyaratkan hal ini.

SOAL LPDP
  • IPK Minimal 3.00
  • Minimal telah menjalani 2 semester kuliah
  • Punya prestasi (nilai tambah)
  • Aktif di Organisasi Mahasiswa (jangan no life ya di kampus)

Nah, kumpulin tuh ya beberapa prestasi yang relevan.

3. Memenuhi Persyaratan Serta Dokumen yang Diperlukan

Mahasiswa harus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan oleh lembaga penyelenggara beasiswa dan pihak kampus.

Melengkapi dokumen penting yang sifatnya benar adanya dan bisa dibuktikan keabsahannya menjadi cara agar mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Beberapa dokumen penting antara lain sebagai berikut.

  • ijazah (jika nyari beasiswa lanjut)
  • transkrip nilai
  • surat kelakuan baik
  • LoA (jika nyari beasiswa lanjut)
  • sertifikat
  • dan beberapa dokumen penting lainnya.

4. Memenangkan Perlombaan di Kampus

Memenangkan sebuah perlombaan terlebih jika berkaitan dengan program studi yang diambil bisa menjadi nilai plus tambahan dalam mendapatkan beasiswa kuliah.

Bukti prestasi berupa sertifikat itulah yang bisa dilampirkan saat mendaftar beasiswa kampus. Maka seringlah ikut perlombaan yang diadakan kampus ya.

5. Memilih Perguruan Tinggi Kedinasan

Nah, untuk yang dari SMA mau kuliah bisa nih daftar Perguruan tinggi kedinasan yang menawarkan berbagai keuntungan seperti pemberian bantuan biaya beasiswa penuh selama masa studi.

Beberapa perguruan tinggi negeri dengan sistem kedinasan seperti STAN, IPDN, STIN, AKPOL, AKMIL, STMG, dan beberapa perguruan tinggi kedinasan lainnya memiliki program beasiswa serta jaminan kontrak kerja yang tentu sangat menguntungkan bagi mahasiswa.

6. Mendapatkan Kartu Pintar Indonesia Kuliah

Program Kartu Pintar Indonesia Kuliah menjadi pilihan terbaik bagi mahasiswa yang memiliki keterbatasan finansial dan ingin meraih program beasiswa yang diinginkan. Namun, perlu digarisbawahi adalah KIP kuliah ini untuk yang tidak mampu saja ya. Kalau mampu ya jangan daftar.

7. Beasiswa PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) adalah sebuah program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat Indonesia. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang saat ini sedang aktif dalam menempuh pendidikan diploma atau sarjana di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Indonesia.

Beasiswa PPA dapat uang berapa?

Biasanya sih dapat uang sekurang-kurangnya Rp300.000 per mahasiswa per bulan. Ya lumayan ya untuk membantu biaya hidup untuk yang ngekos.

Itulah 7 cara dapat beasiswa kuliah yang Kak Ambis bisa bagikan. Kalau mau usaha sih pasti dapat kok. Apalagi kalau kalian mau nanya pihak akademik fakultas atau kampus, pasti akan dicarikan beasiswa kok. Jangan malu aja yang penting. Untuk dapat informasi tentang beasiswa lainnya, cek di kanal khusus Bahas Beasiswa.

Artikel terkait

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan