LOGO BARU DUNIAKAMPUS

Chat Melamar Pekerjaan dan Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

chat menanyakan lowongan kerja lewat wa

Apapun caranya, asalkan bisa mendapatkan pekerjaan yang halal pasti dijalanin. Berikut cara chat menanyakan lowongan lewat wa yang sopan dan baik, pastinya akan diberikan respon jawaban yang jelas juga. Bahkan, siapa tau kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan langsung lho.

Nah, sebelum melakukan chat melamar pekerjaan, alangkah lebih baiknya jika kita juga menanyakan dahulu lowongan kerja tersebut apakah masih ada dan tersedia atau tidak, tujuanya agar memberikan kesan pertama yang baik, ramah dan memang untuk mencari pekerjaan yang layak.

Contoh Chat Menanyakan Lowongan Kerja

Contoh 1: Bertanya tentang Lowongan Sosial Media Spesialis

Halo Selamat Pagi Pak/ Bu [Nama HRD],

Perkenalkan saya [X] dan mendapatkan kontak bapak dari LinkedIn. Saya tertarik untuk bergabung di perusahaan Bapak/Ibu dan ingin mengetahui apakah saat ini ada lowongan untuk posisi Spesialis Media Sosial. Saya memiliki pengalaman yang kuat dalam mengelola kampanye media sosial dan meningkatkan keterlibatan online. Jika ada informasi lebih lanjut tentang proses rekrutmen, kualifikasi yang dicari, dan cara untuk melamar, saya sangat ingin mendengarnya.

Terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya.

Salam,
[Nama Anda]

Contoh 2: Menanyakan Lowongan Kerja CS kepada Bagian HRD

Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA
Contoh Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WA

Selamat Siang Bu April, HRD PT X

SOAL LPDP

Perkenalkan saya [X] dan mendapatkan kontak bapak dari LinkedIn. Mohon maaf menggangu aktivitas kerja Anda. Saya ingin menanyakan apakah perusahaan saat ini memiliki lowongan untuk posisi Layanan Pelanggan (Customer Service). Nama saya Risa Ameliawati, dan setelah membaca tentang perusahaan ini beserta jobdesk, saya tertarik untuk berkontribusi dalam tim layanan pelanggan yang sudah hebat.

Saya memiliki pengalaman sebelumnya dalam menangani berbagai pertanyaan pelanggan, menyelesaikan masalah, dan memberikan dukungan yang luar biasa. Jika ada kesempatan, saya senang sekali untuk berdiskusi lebih lanjut mengenai kualifikasi yang Anda cari dan bagaimana saya dapat menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Terima kasih banyak atas perhatian Bapak/Ibu.

Salam hangat,
Risa Ameliawati

Cara Chat Melamar Pekerjaan Via WA yang Baik

Nah, buat kamu sobat Kak Ambis yang iningin melamar pekerjaan melalui pesan WhatsApp, proses lamaran sperti ini dapat lebih santai dan cepat, tetapi tetap memerlukan pendekatan yang profesional.

Tapi masalahnya, bagaimana caranya? Simak nih penjelasan lengkap Kak Ambis mengenai panduan langkah demi langkah untuk melakukan chat melamar pekerjaan via WA dengan baik.

1. Awali Chat WA dengan Salam Sesuai Waktu

Sebelum memulai percakapan, penting untuk memberi salam yang sesuai dengan waktu. Pilih salam pagi, siang, atau malam tergantung pada waktu pengiriman pesan. Ini menciptakan kesan sopan dan perhatian pada detail.

2. Pastikan Foto Profil dan Nama WA Kamu Jelas

Pastikan bahwa foto profil dan nama di WhatsApp mudah dikenali memakaui foto asli dan terbaru. Jika kalian menggunakan foto diri, usahakan tampil dengan sopan dan ramah. Pastikan juga bisa dilihat untuk publik.

Selain itu, berikan nama yang jelas di kontakmu supaya orang tidak takut untuk membalasnya.

3. Perkenalkan Diri dan Sampaikan Tujuan untuk Melamar Pekerjaan

Mulailah dengan memperkenalkan diri secara singkat. Sampaikan nama Kalian, latar belakang pendidikan, dan beberapa kalimat tentang pengalaman atau minat kalian terkait pekerjaan yang kamu lamar. Jelaskan dengan jelas bahwa kamu tertarik untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Contoh:
Halo Pak/Bu [Nama HRD], selamat [pagi/siang/malam]. Perkenalkan, saya [Nama Kamu], lulusan [Universitas] dengan pengalaman dalam [bidang/keahlian]. Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan [Nama Perusahaan] dan ingin melamar posisi [Nama Posisi].

Apabila belum mengetahui masih buka atau tidak, bisa ikuti format yang paling atas untuk menanyakan lowongan kerja.

4. Tanyakan Persyaratan untuk Lowongan Kerja yang Tersedia

Setelah perkenalan, tanyakan tentang persyaratan dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi yang kamu lamar. Ini menunjukkan bahwa kamu serius dan ingin memastikan kesesuaian antara diri kamu dan posisi yang ditawarkan.

Contoh:
Saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai persyaratan dan kualifikasi untuk posisi [Nama Posisi]. Apa saja yang menjadi fokus utama yang kamu cari dari kandidat?

5. Tanyakan Berkas Lamaran Kerja yang Dikirim

Setelah memahami persyaratan, tanyakan tentang berkas lamaran apa yang perlu kamu kirimkan. Ini membantu kamu untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dengan baik.

Contoh:
Terkait dengan itu, berkas lamaran apa yang sebaiknya saya siapkan dan kirimkan?

6. Akhiri Chat WhatsApp dengan Terima Kasih

Setelah mendapatkan informasi yang kamu butuhkan, akhiri percakapan dengan ungkapan terima kasih. Ini menunjukkan rasa hormat dan apresiasi terhadap waktu dan informasi yang telah diberikan.

Contoh:
Terima kasih banyak atas informasinya. Saya sangat menghargai waktu dan perhatiannya. Saya akan mempersiapkan berkas lamaran dengan baik. Semoga dapat berkesempatan untuk bergabung di perusahaan [Nama Perusahaan].

Melamar pekerjaan melalui WhatsApp bisa menjadi langkah yang efektif jika dilakukan dengan benar. Pastikan setiap pesan yang kamu kirimkan mencerminkan profesionalisme, kesiapan, dan minat kamu yang tulus terhadap posisi tersebut.

Untuk lanjutannya, bisa pahami mengenai Cara Kirim CV Lewat WA dan Contoh yang Sopan. Tujuannya, supaya CV kamu ngga dianggurin dan bisa dibaca dimasukin dalam skrining. Semoga artikel Kak Ambis ini bermanfaat ya.

Bagikan Artikel Ini!

Tinggalkan Balasan

Author

Diunggah pada

Artikel Terkait